Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 04 Des 2022 05:41 WIB

TRAVEL NEWS

Bocoran dari Pilot: Jangan Lepas Sepatu di Pesawat

Femi Diah
detikTravel
Air Vehicle, Airplane, Commercial Airplane, Luggage, People
Jangan lepas alas kaki saat dalam pesawat, ya. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Pollyana Ventura)
Jakarta -

Melepas alas kaki tampaknya bikin nyaman saat terbang dalam durasi lama. Tetapi, pilot justru melarangnya.

Rupanya, ada dua alasan kuat yang membuat pilot sampai melarang penumpang untuk melepas alas kaki dalam sebuah penerbangan. Bahkan, andai menyisakan kaus kaki.

Alasan pertama, aksi itu bisa bikin penumpang lain atau pun kru kabin merasa tidak nyaman. Yang kedua, pesawat terbang tidak terlalu bersih.

"Kabin dibersihkan sebelum penerbangan, tetapi itu akan lebih asal-asalan andai pesawat hanya memiliki waktu istirahat 15 atau 20 menit untuk menyelesaikannya," kata pilot Patrick Smith dari Ask the Pilot kepada Travel + Leisure dan dikutip DailyStar.

"Salah satu bagian penting dari industri penerbangan adalah turnover (dari on block hingga pushback lagi)," kata seorang mantan awak kabin.

"Artinya, pembersihan toilet pesawat yang menyeluruh dan mendalam tidak selalu bisa dilakukan, karena kurangnya waktu dan prioritas yang lebih tinggi. Umumnya, bilik dibersihkan dengan cepat sebelum penerbangan," dia menambahkan.

"Kemudian, selama penerbangan, biasanya pemeriksaan dilakukan setiap setengah jam atau lebih, tetapi sekali lagi, jika ada hal-hal yang lebih mendesak terjadi, memeriksa kebersihan toilet bisa masuk dalam daftar prioritas,"
Smith menjelaskan.

Akun Twitter Unfiltered Flight Attendant juga menjelaskan soal kebersihan di pesawat.

"Kalian benar-benar berpikir bahwa lantai di toilet itu bersih? Coba perhatikan apakah ada air di lantai toilet itu? Atau mari kita mulai dulu soal karpet, TIDAK BERSIH," cuit akun itu.

"Mereka yang memutuskan untuk bertelanjang kaki bisa terkena bakteri dan virus yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Selain itu ada kekhawatiran terkena infeksi jamur juga selalu ada," ujar David Krause, pemilik SyQuest USA.

Jadi pastikan Anda setidaknya memakai alas kaki saat berjalan di dalam pesawat untuk menghindari infeksi.



Simak Video "Simak Aturan Perjalanan Terbaru Bepergian dengan Pesawat!"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA