Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 05 Des 2022 13:36 WIB

TRAVEL NEWS

Semeru Erupsi, Aktivitas Penerbangan di Malang Masih Aman

Pengalaman Naik Pesawat Jakarta-Malang saat Cuti Bersama
Foto: Bandara Abdulrachman Saleh Malang (Putu Intan/detikcom)
Malang -

Gunung Semeru erupsi lagi. Meski sudah memuntahkan abu vulkanik ke udara, namun aktivitas penerbangan di Malang masih aman dan belum terdampak.

Abu vulkanik Semeru hari ini diprediksi mengarah ke Barat Daya. Otoritas penerbangan yang melintas diminta untuk mewaspadai abu vulkanik Semeru.

Berdasar aplikasi Magma Indonesia, per pukul 06.26 WIB, abu vulkanik bisa mencapai ketinggian 14003 kaki. Abu vulkanik itu mengarah ke Barat Daya atau kawasan Malang.

Kendati demikian, akitivitas penerbangan di Malang masih normal. Operasional penerbangan Bandara Bandara Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang masih belum terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Alhamdulillah, untuk penerbangan masih normal sampai pukul 10.35 WIB tadi," jelas Kepala Seksi keamanan penerbangan dan pelayanan darurat UPT Bandara Abdulrachman Saleh Purwo Cahyo Widhiatmoko saat dikonfirmasi, Senin (5/12/2022).

Menurut Cahyo, ada lima jadwal penerbangan di Bandara Abdulrachman Saleh setiap hari. Dengan rute penerbangan Malang-Jakarta dan sebaliknya.

"Di sini (Bandara Abdulrachman Saleh) ada lima penerbangan dan semua masih berjalan normal," tuturnya.

Cahyo mengaku, sejak Gunung Semeru erupsi atau memuntahkan awan panas guguran (APG) kemarin pagi, pihaknya terus memantau keamanan bandara dari dampak abu vulkanik.

"Kami setiap jam melakukan pengamatan menggunakan paper test. Hasilnya sampai yang terakhir siang ini negatif," akunya.

Penggunaan paper test terkini dilakukan di area pelataran parkir pesawat udara.

"Kami terus berkoordinasi dengan pihak terkait, untuk mengetahui situasi terkini aktivitas Gunung Semeru. Selain setiap jamnya melakukan uji abu vulkanik dengan paper test," tandasnya.

Setiap harinya, ada lima jadwal penerbangan dari dan menuju Bandara Abdulrachman Saleh yang dilayani tiga maskapai. Yakni Batik Air, Garuda Indonesia, dan Citilink.

Dengan jadwal keberangkatan pertama Batik Air pukul 06.55 WIB dan kedatangan terakhir pukul 15.00 WIB.


-----

Artikel ini telah naik di detikJatim dan bisa dibaca selengkapnya di sini.

Simak video 'Bupati Lumajang Tetapkan Tanggap Darurat Erupsi Semeru':

[Gambas:Video 20detik]



(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA