Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 10 Nov 2022 10:10 WIB

TRAVEL NEWS

Para Pendaki Waspada! Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Sejauh 4,5 Km

Tim detikJatim
detikTravel
Potret saat Semeru muntahkan awan panas guguran
Foto: Awan panas di Gunung Semeru (Tangkapan Layar PGA Lumajang)
Lumajang -

Gunung Semeru kembali memuntahkan Awan Panas Guguran (APG). Awan panas itu mengarah ke Besuk Kobokan dengan jarak sejauh 4,5 KM. Pendaki harap waspada ya!

APG itu terjadi pada hari Rabu (9/11) kemarin sekitar pukul 15.50 WIB. Hingga pukul 17.50 WIB, tidak ada laporan APG terekam kembali.

"Berdasarkan laporan dari pengamat gunung api, Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran sejauh 4,5 KM dengan jarak luncur 4 KM ke Besuk Kobokan," ujar Bupati Lumajang, Thoriqul Haq saat dikonfirmasi, Rabu (9/11/2022).

Laporan yang diterima bupati dari Data Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru periode 9 November, Gunung Semeru mengalami APG mulai pukul 15.50 WIb sampai 16.16 WIB.

"Saya dapat laporan lagi hingga pukul 17.15 WIB, getaran APG sudah tidak terekam lagi," tambahnya.

Sementara itu, Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo menegaskan bahwa APG yang dikeluarkan Gunung Semeru sekitar pukul 15.50 WIB tidak berdampak pada warga karena tidak disertai hujan abu.

"Warga tidak sampai terdampak karena tidak ada hujan abu," ujarnya ketika dikonfirmasi wartawan.

Selain karena tidak ada hujan abu, jarak luncur APG yang mencapai 4,5 kilometer dari puncak Semeru ini memang masih cukup jauh dari permukiman warga. Lokasi aktivitas maupun permukiman warga dari puncak Gunung Semeru sekitar 10 kilometer.

"Faktor lainnya karena jarak luncur APG ini memang masih jauh dari permukiman. Permukiman warga itu jaraknya antara 9-10 kilometer," tutupnya.


----

Artikel ini telah naik di detikJatim dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Penampakan Gunung Semeru Erupsi Setinggi 500 Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA