Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 05 Des 2022 21:01 WIB

TRAVEL NEWS

Anies Baswedan Safari ke Sumatera Naik Jet Pribadi? Ini Fakta-faktanya

Tim detikcom
detikTravel
Moscow, Russia - March 26, 2019: Aircraft Embraer EMB-135BJ Legacy 650E D-ATOP of Air Hamburg against blue sky in sunny morning going to landing at Vnukovo international airport in Moscow
Foto: Pesawat jet Embraer legacy 650 (Getty Images/Fotokot197)
Jakarta -

Calon Presiden Partai Nasdem, Anies Baswedan berkunjung ke beberapa daerah di pulau Sumatera naik pesawat jet pribadi. Berikut fakta-faktanya:

Partai NasDem menjelaskan terkait video viral di media sosial calon presidennya (capres) Anies Baswedan yang pakai pesawat jet pribadi saat kunjungan ke Sumatera Barat (Sumbar). NasDem mengatakan pesawat tersebut merupakan pesawat carteran atau sewaan.

Waketum Partai NasDem Ahmad Ali, menyebut tidak ada salahnya Anies naik pesawat jet pribadi. Dia sendiri jadi salah satu anggota rombongan yang mendampingi Anies saat kunjungan di Aceh, Sumbar, hingga Riau.

"Memang kalau Pak Anies pakai jet pribadi nggak bisa ya? Nggak bisa ya? Terus kenapa diributin? Bukan publik yang nyorotin, buzzer-buzzer itu," kata Ahmad Ali kepada wartawan, Senin (5/12/2022).

Ali menjelaskan bahwa Anies Baswedan terpaksa memakai pesawat jet pribadi sewaan lantaran persoalan efektifitas waktu. Dia menyebut sulit jika Anies harus memakai pesawat umum.

"Jadi gini saya ada di situ, kemarin kan perjalanan dari Aceh, Sumbar, Riau. Nah terus dari Aceh ke Sumbar itu ada pesawat nggak? Ada komersil nggak? Nggak ada kan, terus masa kita menunda waktu dari harus kembali ke Jakarta dulu baru ke Sumbar, manajemen waktunya nggak pas kan," jelas Ali.

Dari penelusuran detikTravel, pesawat jet pribadi yang digunakan Anies Baswedan diketahui berjenis Embraer Legacy 650. Pesawat itu memiliki kode registrasi VP-CLL.

Berikut Fakta-fakta Pesawat Jet Pribadi Embraer Legacy 650:

1. Berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma (HLP) Jakarta

Dari data Flightradar24, pesawat jet pribadi Embraer Legacy 650 yang dinaiki Anies Baswedan mengudara dari Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta pukul 08.23 WIB.

Pesawat kemudian menempuh perjalanan ke Banda Aceh dan tiba di sana sekitar pukul 10.57 WIB. Keesokan harinya, pesawat jet pribadi itu bertolak dari Banda Aceh menuju ke Padang pada pukul 14.02 WIB dan tiba di Padang pukul 15.25 WIB.

Dari Padang, pesawat jet pribadi itu bertolak ke Pekanbaru pada keesokan harinya dan tiba di kota itu sekitar pukul 15.47 WIB.

2. Diregistrasi di Kepulauan Cayman

Pesawat Embraer Legacy 650 ini diregistrasi di Cayman Islands, namun berasal dari Jenewa, Swiss. Operatornya adalah Titan Aviation.

3. Diproduksi tahun 2010

Pesawat jet pribadi yang dinaiki Anies pertama kali diproduksi pada tahun 2010 dan terakhir diproduksi pada tahun 2020.

4. Bisa Mengangkut 19 Penumpang

Pesawat jet pribadi Embraer Legacy 650 ini diketahui berkapasitas 13 hingga 19 orang penumpang.

5. Cocok untuk Perjalanan Jarak Jauh

Embraer Legacy 650 cocok sekali untuk digunakan perjalanan jarak jauh. Pesawat ini punya jarak tempuh hingga 3.900 kilometer.

6. Mesinnya dari Rolls Royce

Sebagai tenaga penggerak, pesawat Embraer Legacy 650 ini dibekali mesin ganda buatan Rolls Royce model AE3007A2.

7. Harga Pesawat

Soal harga, pesawat Embraer Legacy 650 ini bervariasi. Namun dari beberapa situs menyebut, harga paling murah pesawat ini sekitar US$ 12.750.000 (setara Rp 196 Miliar).

8. Biaya Per Jamnya

Untuk mengoperasikan pesawat jet pribadi Embraer Legacy 650 ini dibutuhkan biaya kurang lebih US$ 3478 (setara Rp 53 jutaan) per jamnya.



Simak Video "Debat Panas Politisi PDIP-NasDem soal Dosa Anies di Pilgub DKI 2017"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA