Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 06 Des 2022 10:06 WIB

TRAVEL NEWS

Ganjar Pranowo Andalkan Wisata Religi

Ganjar Pranowo di WPB Kemenparekraf
Gubernur Ganjar Pranowo di Weekly Press Briefing (WPB) Kemenparekraf (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan program jualan bernama Paket Wisata Nusantara (Pak Wisnu). Dalam kesempatan ini Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo datang langsung dan memberi tawaran wisata sunan atau wali.

Ganjar datang langsung di temu wartawan mingguan di Kemenparekraf, Senin (5/12/2022). Dalam kesempatan ini memberi penjabaran bahwa Jateng memiliki begitu banyak destinasi wisata.

"Banyak sekali sebenarnya potensi kita, ada acara Borobudur Marathon, di lereng Lawu ada Sikso Rogo. Dulu itu yang ikut 200 sekarang 900 orang, itu trail run," kata Ganjar.

"Kita banyak event di sana. Tema alam 351, budaya 159 ada kategori lain sampai 400-an," imbuh dia.

Satu yang Ganjar banggakan adalah wisata religi di Jawa Tengah. Dalam menyokong program Pak Wisnu, ia memiliki program selama beberapa hari mengunjungi makam-makam wali itu.

"Potensi besarnya yakni ziarah. Kawan Malaysia pernah berkata pengen ziarah di Jateng. Kita bisa tawarkan hari pertama Semarang-Cirebon kembali ke Semarang. Hari kedua ke Demak Kudus Tuban. Ketiga Lamongan Surabaya," jelas dia.

"Kalau dilihat wisata religi itu nggak kalah. Itu luar biasa. Saya pengen ke sana. Kalau kunjung ke sana ada selawatan itu malah tambah rame," terang dia.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Ni Made Ayu Marthini mengatakan bahwa pihaknya sudah meluncurkan beberapa program. Lalu ada Pak Wisnu sebagai paket wisata di nusantara.

"Ide Kemenparekraf untuk lebih menggelorakan pariwisata Indonesia. Tahun depan kita ditarget 1,2-1,4 miliar pergerakan wisata nusantara. Maka kita ambil tiga paket dari seluruh provinsi dan kita kerja sama dengan travel agen," terang dia.

Di kesempatan yang sama, menurut Menparekraf Sandiaga, wisata di nusantara 80% berpusat di Jawa yakni Jawa Tengah. Dengan adanya 100 paket itu, maka agen travel diharap dapat mendapat wawasan lebih lanjut.

"Jadi untuk membeli paket ini ada di website Indonesia.travel. Kita perkirakan pengeluarannya para turis itu sampai Rp 2,5 juta per pax," kata dia.



Simak Video "Ganjar Jawab Isu Dilarang ke Luar Jateng: Boleh Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA