Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 06 Des 2022 13:10 WIB

TRAVEL NEWS

Pesawat Nyangkut di Tiang Listrik, Pilot-Penumpang Selamat

Pesawat Nyangkut di Tiang Listrik
Foto: Pesawat nyangkut di Tiang Listrik (dok. Istimewa)
Montgomery -

Pesawat berukuran kecil di AS mengalami kecelakaan. Pesawat itu nyangkut di atas tiang listrik. Beruntung sang pilot dan satu orang penumpang berhasil selamat.

Peristiwa nyaris fatal itu terjadi di kota Montgomery, negara bagian Maryland, Amerika Serikat. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Montgomery, Scott Goldstein menyebut kecelakaan pesawat itu terjadi pada Minggu (27/11) petang.

Sekitar pukul 17.40 waktu setempat, petugas pemadam kebakaran mendapat laporan ada kecelakaan pesawat. Pesawat bermesin tunggal dengan jenis Mooney M20J menabrak sebuah tiang listrik bertegangan tinggi di Gaithersburg, Montgomery.

Pesawat itu diketahui dikemudikan oleh pilot bernama Patrick Merkle (65) dan mengangkut satu orang penumpang, yaitu Janet Williams (66).

Salah satu saksi mata, Gift Okoli menyaksikan sendiri pesawat itu nyangkut di tiang listrik. Salah bergerak sedikit saja, maka akibatnya bisa fatal bagi kedua korban.

"Saya sangat khawatir, sangat-sangat khawatir akan keselamatan mereka. Saya khawatir pesawat akan jatuh ke bawah," ujar Okoli, seperti dikutip dari The Washington Post, Selasa (6/12/2022).

Upaya penyelamatan korban pun berlangsung dramatis. Petugas terlebih dulu mematikan aliran listrik yang mengaliri tiang bertegangan tinggi itu.

Sebelumnya, petugas melakukan operasi 'bonding and grounding' supaya menara listrik itu aman. Operasi yang memakan waktu 1 jam itu berjalan lancar. Korban pertama yang berhasil dievakuasi adalah Janet Williams.

Janet diselamatkan pada pukul 00.25 pagi waktu setempat. Sedangkan sang pilot berhasil dievakuasi sekitar 11 menit kemudian. Sedangkan pesawat naas itu berhasil dievakuasi pada 03.00 Senin (28/11) pagi keesokan harinya.

Menurut Goldstein, kedua korban menderita trauma dan patah tulang yang cukup parah. Keduanya juga mengalami gejala hipotermia.

"Kedua korban membantu kami, untuk bergerak keluar dari pesawat," ujar Goldstein.

Akibat insiden ini, aliran listrik untuk kurang lebih 100 ribu rumah dan tempat usaha terpaksa harus padam selama beberapa jam. Aliran listrik kembali normal pada pukul 01.34 pagi waktu setempat.



Simak Video "Detik-detik Sesaat Sebelum Jatuhnya Pesawat di Nepal Terekam Kamera!"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA