Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 07 Des 2022 18:31 WIB

TRAVEL NEWS

Permintaan Tiket Pesawat Naik 20% Jelang Nataru, Harga Ikut Dikerek

Putu Intan
detikTravel
A young girl is going on a trip, holds plane tickets in her hands and goes to check-in, boarding a flight, close-up view of a boarding pass on a blurred background.
Tiket pesawat (Foto: Getty Images/iStockphoto/Zhanna Danilova)
Jakarta -

Menjelang Natal dan tahun baru, industri penerbangan mendapatkan angin segar dengan meningkatnya pemesanan tiket. Kondisinya lebih baik dari tahun lalu.

Indonesia National Air Carriers Association (INACA) mencatat adanya tren positif pemesanan tiket pesawat untuk libur Nataru. Sekretaris Jenderal INACA Bayu Sutanto mengatakan adanya kenaikan 20 persen dibandingkan 2021.

"Kalau musim libur Nataru, pesawat berangkatnya penuh ke daerah yang banyak merayakan Natal, seperti Medan, Manado, Makassar, Surabaya, dan Yogyakarta," kata Bayu saat ditemui detikcom di Park Hyatt, Jakarta pada Rabu (7/12/2022).

Lebih lanjut, Bayu menjelaskan maskapai siap menghadapi peningkatan permintaan ini. "Semua siap. (Armada) cukup untuk antisipasi kenaikan permintaan," ujarnya.

Harga tiket ikut naik

Kendati demikian, Bayu mengatakan tingginya permintaan ini berimbas pada kenaikan harga tiket yang tak terhindarkan. Ia menyarankan masyarakat yang ingin mendapatkan tiket lebih murah untuk pandai-pandai memilih tanggal keberangkatan.

"Kalau mau bepergian, lebih baik melawan arus. Bisa pergi setelah Natal. Kalau sebelumnya, harga tiket pasti mahal," ucapnya.

Selain rute domestik yang diprediksi ramai, rute internasional juga diminati penumpang asal Indonesia. Menurut Bayu, destinasi internasional lebih disukai orang-orang yang tak merayakan Natal dan memanfaatkan masa libur untuk berwisata.

"Saat ini karena China masih tutup, orang memilih ke Australia, Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, Turki, dan sekitarnya," katanya.



Simak Video "Pemerintah Restui Rencana Kenaikan Harga Tiket Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA