Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 08 Des 2022 13:45 WIB

TRAVEL NEWS

Makna Tradisi Langkahan di Pernikahan Kaesang dan Erina

kaesang erina
Foto: Instagram @erinagudono
Jakarta -

Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono akan segera melangsungkan pernikahan. Ada serangkaian tradisi adat yang akan dilakukan keduanya, salah satunya adalah prosesi langkahan.

Carik Kawedanan Radya Kartiyasa Keraton Jogja, Siti Amieroel Noorsundari mengatakan prosesi langkahan dilakukan oleh seorang adik yang meminta izin mendahului kakaknya untuk melangsungkan pernikahan.

"Langkahan itu biasanya dilakukan kalau (adik) melangkahi kakak (melangsungkan pernikahan) baik kakak laki-laki atau perempuan," kata Siti kepada wartawan di Ndalem Pakuningratan, Rabu (7/12/2022).

Siti mengatakan prosesi langkahan pada zaman dahulu dilakukan dengan memberi sesuatu yang diminta oleh kakak untuk mendapat izin melangkahi pernikahan.

"Langkahan itu kalau zaman dulu tergantung dari yang dilangkahi mintanya apa," kata Siti.

Menurut Siti prosesi langkahan sama halnya dengan prosesi seserahan yang dilakukan pengantin laki-laki ke pengantin perempuan. "Nah itu sama kayak kalau pemberian seserahan pada pengantin putri," kata Siti.

Namun kini terdapat perubahan pada tradisi langkahan tersebut. Kini pisang sanggan dan seperangkat baju menjadi sesuatu yang diberikan kepada kakak sebagai syarat langkahan.

"Jadi biasanya pada intinya kalau kita mau kasih pelangkah itu adalah pisang sanggan dan satu perangkat baju, jadi baju dari atas sampai bawah," kata Siti.

Namun Siti menegaskan pelangkah tersebut juga tergantung permintaan kakak yang akan dilangkahi. "Tapi itu juga kembali lagi biasanya tergantung dari yang dilangkahi," kata Siti.

Prosesi langkahan dilakukan dengan memohon izin dan mendoakan sang kakak, kemudian penyerahan pelangkah dan diakhiri sungkeman.

"Prosesinya nanti si calon pengantin minta izin untuk melangkahi dan mendoakan supaya kakaknya dimudahkan jodohnya dan tidak hilang rezekinya," kata Siti.

"Kemudian setelah itu si pengantin akan menyerahkan pelangkahnya itu dan diakhiri dengan sungkeman," imbuh Siti.

Siti mengatakan prosesi langkahan ini dilakukan sebelum prosesi pingitan atau siraman. "Langkahan ini dilakukan biasanya sebelum pingitan atau siraman," tutup Siti.

Erina Jalani Proses Adat Langkahan

Sebelumnya, MC pernikahan Kaesang dan Erina, dr Wigung Wratsangka menjelaskan rangkaian acara yang akan digelar. Salah satunya yakni adanya prosesi langkahan yang akan dilakukan oleh Erina.

Upacara ini dilakukan karena Erina mendahului kedua kakaknya untuk menikah.

"Langkahan sebelum siraman, calon manten putri minta izin kepada kakaknya dan restu, dan keikhlasan kakaknya karena atas kehendak Tuhan dia diberi jodoh duluan. Lalu kakaknya memberikan pernyataan dia ikhlas, ridho, ikhlas memberi doa, dan restu kepada adiknya baru kemudian hadiah pelangkah," terang Wigung saat dihubungi detikJateng via telepon, Selasa (6/12).

---
Artikel ini telah tayang di detikJateng.



Simak Video "Rangkaian Prosesi Pernikahan Kaesang-Erina Dimulai 8 Desember"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA