Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 09 Des 2022 17:19 WIB

TRAVEL NEWS

Pertama di Dunia, Pesawat Buatan China Comac C919 Dikirim ke Maskapai

Pesawat Comac C919 China
Comac C919 (Foto: CNN)
Jakarta -

Maskapai China, China Eastern Airlines menerima pesawat buatan lokal, Comac C919. Pengiriman ini adalah yang pertama di dunia.

Melansir CNN, Jumat (9/12/2022), pengiriman pesawat C919 pertama di dunia berlangsung di Shanghai pada hari Jumat ini. Pesawat itu lepas landas selama 15 menit untuk menandai momen bersejarah tersebut.

Comac C919 adalah saingan keluarga pesawat lorong tunggal Airbus A320neo dan Boeing 737 MAX. Pesawat itu diperkirakan terbang secara komersial perdana pada musim semi mendatang.

Pesawat Comac C919 telah lolos sertifikasi untuk operasi yang aman pada bulan September dan produksi massal pada bulan November.

Pesawat yang dikirim ke China Eastern memiliki 164 kursi dan dicat dengan tanda "C919 pertama di dunia" di sisinya dalam bahasa China dan Inggris. Rute perdananya yakni antara Shanghai dan Beijing.

China Eastern berencana untuk menerima empat unit Comac C919 lagi selama dua tahun ke depan. Rencana itu molor dibanding rencana sebelumnya yakni empat pesawat akan dikirim pada tahun depan.

Ambisi membuat pesawat berbadan sempit atau narrowbody di China semakin meningkat selama beberapa tahun terakhir. Itu terjadi di tengah konflik dengan Amerika Serikat mulai dari perdagangan hingga teknologi.

Hal itu membuat China semakin khawatir akan ketergantungan yang berlebihan pada Airbus dan Boeing. Sejauh ini COMAC belum berkomentar.

Commercial Aviation Corp of China (COMAC) diperkirakan akan memproduksi sekitar 25 C919 per tahun pada tahun 2030. Jumlah itu, jauh lebih rendah daripada tingkat produksi narrowbody bulanan saat ini dari para pesaingnya.

Comac C919 saat ini sangat bergantung pada komponen barat, termasuk mesin dan sistem kontrol penerbangan, dari perusahaan seperti GE, Safran, dan Honeywell International.

China sedang mencoba untuk meningkatkan proporsi suku cadang domestik di C919. Mesin alternatif yang disebut CJ-1000A juga sedang dalam pengembangan.



Simak Video "Korban Belum Ditemukan, Penyelidikan China Eastern Hadapi Kesulitan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA