Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 18 Des 2022 17:05 WIB

TRAVEL NEWS

Senangnya, Dua Ekor Badak Jawa Lahir dengan Selamat

Putu Intan
detikTravel
Kabar Gembira! 2 Anak Badak Jawa Lahir, Salah Satunya Bernama LordZac
Kelahiran badak jawa di TNUK. Foto: doc. twitter @SitiNurbayaLHK
Jakarta -

Dua ekor badak Jawa berhasil lahir di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK). Ini merupakan kabar gembira bagi konservasi satwa liar di Indonesia.

Kelahiran dua ekor badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) itu dikabarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui akun Instagramnya @kementerianlhk pada Minggu (18/12/2022). Dalam postingan itu tampak video induk badak Jawa berjalan bersama bayi-bayinya.

Video tersebut merupakan hasil rekaman Tim Monitoring Badak Jawa Balai TNUK melalui camera trap. Dari rekaman camera trap diketahui jika anak badak Jawa pertama berjenis kelamin jantan dengan ID. 089.2022, terekam pada tanggal 18 September 2022 pukul 08.29 WIB dari induk yang bernama RATU (ID. 035.2011).

Selain itu terekam pula anak badak yang belum dapat diketahui jenis kelaminnya, namun telah diberikan ID. 090.2022, lahir dari induk yang bernama MENUR (ID. 063.2015).

[Gambas:Instagram]



"Kelahiran tersebut menambah jumlah anak badak Jawa pada tahun ini, setelah pada periode awal tahun ini juga terekam anak badak Jawa yang baru lahir. Dengan gambaran ini, disamping rekaman kelahiran berbagai satwa liar lainnya dalam tahun 2022 dan dalam beberapa tahun terakhir ini, menunjukkan optimisme perlindungan satwa liar di Indonesia yang semakin baik dengan kerja keras berbagai pihak, dan tentu saja akan terus kita perbaiki," ujar Siti Nurbaya di Jakarta (17/12/2022).

Lebih lanjut Menteri Siti mengungkapkan jika kelahiran baru anak badak Jawa ini merupakan usaha rutin dan terus-menerus dari Tim Monitoring Badak Jawa Balai TNUK yang bekerja tanpa mengenal lelah pada tingkat tapak, di antaranya melalui monitoring berbasis camera trap.

Atas kelahiran dua anak Badak Jawa ini, Siti memberikan nama LordZac untuk salah satu anak badak yang berkelamin jantan.

"Kelahiran baru dua anak badak Jawa ini membuktikan KLHK terus berupaya meningkatkan populasi badak Jawa dan memastikanmya tidak akan punah," kata Siti.

"Terima kasih kepada Tim Monitoring Badak Jawa Balai TNUK yang telah berupaya memberikan yang terbaik dalam memonitor keberadaan badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon, serta peran semua pihak yang turut membantu dalam menjaga dan melestarikannya," pungkas Siti.



Simak Video "UGM Dapat Hibah 5 Pesawat Microlight dari KLHK"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA