Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 23 Okt 2022 08:11 WIB

TRAVEL NEWS

Ikan Mola-mola Raksasa Ditemukan, Beratnya 3 Ton-Pecahkan Rekor Dunia!

Ikan Mola-mola Raksasa
Foto: Ikan mola-mola raksasa (dok. Atlantic Naturalist Association)
Lisbon -

Ikan mola-mola raksasa ditemukan mati di pesisir pantai Portugal. Berat ikan itu mencapai 3 ton dan memecahkan rekor sebagai ikan mola-mola terbesar yang pernah ditemukan.

Ikan mola-mola tersebut tercatat ke dalam buku rekor Guiness World Record sebagai ikan mola-mola terbesar di dunia. Hal itu berkat artikel ilmiah yang diterbitkan bulan ini dalam 'Journal of Fish Biology'.

Ikan mola-mola dengan nama ilmiah Mola alexandrini itu ditemukan terdampar di pesisir pantai Kepulauan Faial di Azores, Portugal bulan Desember 2021 silam. Bangkai mola-mola itu kemudian dievakuasi oleh otoritas setempat untuk dibawa ke pelabuhan.

Selanjutnya, para ilmuwan akan meneliti bangkai ikan mola-mola berukuran raksasa itu. Dari hasil pengukuran diketahui, ikan mola-mola itu memiliki tinggi 3,6 meter dan lebar 3,3 meter. Beratnya saat ditimbang nyaris mencapai 3 ton.

Berat tersebut sama dengan berat badak putih dewasa. Ikan mola-mola dari Portugal ini lebih berat 500 kilogram dibandingkan ikan mola-mola terbesar sebelumnya yang ditangkap di Jepang pada tahun 1996.

Ikan Mola-mola RaksasaIkan Mola-mola Raksasa Foto: (dok. Atlantic Naturalist Association)

Para ilmuwan belum menemukan jawaban mengapa ikan mola-mola raksasa itu bisa mati dan terdampar di Portugal. Namun dugaan sementara, ada bekas luka di bagian kepala ikan itu yang identik dengan jangkar kapal.

Menurut Jose Nuno Gomes-Pereira, ahli biologi kelautan dari Atlantic Naturalist Association, ikan mola-mola raksasa itu adalah spesimen menakjubkan yang sangat luar biasa.

Gomes bisa membayangkan betapa menakjubkannya makhluk ini ketika masih hidup di dalam lautan. Ikan mola-mola raksasa ini pun membuat makhluk laut lainnya jadi terlihat kecil.

Ikan mola-mola atau biasa disebut sunfish tidak berbahaya bagi manusia. Mereka mengonsumsi ubur-ubur, ikan-ikan kecil dan juga zooplankton.



Simak Video "Lisa BLACKPINK Pecahkan 3 Guinness World Records"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali Selengkapnya