Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 24 Jan 2023 18:45 WIB

TRAVEL NEWS

TN Gunung Halimun Sebut Dugaan Pelaku Pelecehan Seksual Bukan Petugas

Suasana objek wisata Kawah Ratu yang terletak di kawasan Taman Nasional Halimun Salak, Bogor, beberapa waktu lalu. Hingga hari ini berbagai tempat wisata yang terletak di Taman Nasional Halimun Salak masih belum dibuka untuk umum.
Taman Nasional Gunung Halimun Salak (Grandyos Zafna)
Jakarta -

Viral kasus pelecehan di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Kepala Resort Salak II mengungkapkan dugaan pelaku pelecehan wisatawan.

Kepala Resort Salak II TNGHS Sukirman mengatakan bahwa terduga bukan petugas taman nasional. Sukirman memperkirakan pelaku adalah warga sekitar yang menjadi pengelola obyek wisata itu.

"Saya juga baca, kalo saya lihat ya, di postingan medsos itu petugas taman nasional, padahal itu bukan. Itu masyarakat setempat yang memang sebagai pengelola objek wisata," kata Sukirman kepada wartawan, Selasa (24/1/2023).

Dia pun tidak mengetahui benar atau tidaknya kejadian itu. Namun, pihaknya akan terus memberikan edukasi kepada para petugas akibat kejadian itu.

"Kita udah sampaikan, kita lakukan pembinaan, termasuk dulu ada pemberitaan tenda bergoyang di lokasi kita, kita lakukan pembinaan juga ke pengelola. Sekarang ada kejadian lagi, ya kita lakukan upaya-upaya, walaupun upaya dan pembinaan arahan kita kepada pengelola sudah sering kita sampaikan," ujarnya.

Sebelumnya, seorang netizen membagikan pengalaman dugaan pelecehan seksual yang terjadi di kawasan Kawah Ratu, Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat (Jabar), oleh oknum petugas Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Cerita soal dugaan pelecehan seksual, foto terduga pelaku dan video debatnya dengan sejumlah rekan-rekan pelaku diunggah akun Instagramnya @irenedea.f.

"!! HATI-HATI PELAKU KEJAHATAN S*KSUAL !! Pada tanggal 22 Januari 2023 telah terjadi S*exual Harassmen* yang dilakukan oleh seorang oknum kepada saya sendiri dan adik-adik saya. Kejadian bertempat di Kawah Ratu Taman Nasional Gunung Halimun Salak jalur Pasir Reungit, Gunung Bunder, Bogor," tulis @irenedea.f, seperti dilihat detikcom pada Selasa (24/1/2023).

"Pelaku memfoto korban, yang difokuskan pada bagian belakang tubuh (bokon*) korban. Setelah dicek handphone pelaku, ternyata ada puluhan, mungkin bahkan ratusan foto-foto sejenis ke korban perempuan/pengunjung lainnya. Pelaku sudah bekerja selama sekitar 4 tahun di Taman Nasional tersebut. Saat ini proses penyelidikan masih berlanjut dan sudah dibantu Kares Pasir Reungit dan petinggi lainnya," masih berdasarkan keterangan @irenedea.f pada unggahannya.

Dia berharap cerita ini dibagikan masyarakat sehingga kejadian serupa tak terulang lagi.

"Mohon dibantu share agar pelaku jera dan mendapat hukuman yang setimpal. Semoga tidak terjadi hal serupa," imbuh @irenedea.f.

***

Artikel ini telah tayang di detikJabar. Baca artikel lengkapnya di sini.



Simak Video "Sandiaga Uno Minta Pelaku Pelecehan di Gunung Halimun Salak Dihukum"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA