Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 25 Jan 2023 20:31 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Rekomendasi Mie Aceh Khas, Coba di Hotel Jaksel Ini

Mie Aceh
Mie Aceh (Foto: Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center)
Jakarta -

Kedai mie Aceh memang kerap kita jumpai di berbagai lokasi. Namun, jika traveler ingin mencoba khas hotel, cobalah di sini.

Mie Aceh, kuliner khas Nanggroe Aceh Darussalam ini memiliki ciri khas kuah kental dengan rasa rempah-rempah yang kuat lengkap dengan ragam lauk-pauk di dalamnya seperti daging kambing, sapi, ayam, serta seafood.

Lahirnya Mie Aceh, tidak lepas dari pengaruh budaya asing, terutama melalui proses masuknya Islam ke Nusantara yang dibawa oleh pedagang dari Gujarat, India, di Kerajaan Aceh. Kemudian pedagang-pedagang ini berasimilasi dengan penduduk lokal dan membawa cita rasa baru dalam masakan.

Kuah kental kari pada mie Aceh dengan rempah-rempah seperti cabai, lada, jinten, kapulaga, dan kunyit merupakan cita rasa khas bangsa India yang dipadukan dengan mie Hokkian khas Negeri China yang juga mempengaruhi kuliner Aceh karena adanya kerjasama Kerajaan Aceh dengan Negeri China.

Penyajian aneka lauk-pauk dengan olahan daging kambing dan sapi juga merupakan nilai-nilai Islam di Aceh. Sedangkan olahan makanan dari hewan laut atau seafood dipengaruhi oleh kondisi geografis Aceh yang dikelilingi lautan. Perpaduan budaya ini menghasilkan kuliner Mie Aceh dengan keunikan dan kekayaan rasanya.

Tidak perlu jauh sampai ke kota yang terkenal dengan Serambi Mekah untuk mencicipi kuliner hasil akulturasi budaya ini, ASTON Priority Simatupang juga menghidangkan Mie Aceh sebagai menu rekomendasi dari Chef yang tersedia selama dua bulan sejak Januari hingga Februari 2023.

Harganya pun relatif terjangkau, yaitu Rp 68.000 net dengan satu porsi besar berisikan aneka lauk-pauk berupa olahan seafood. Tamu-tamu hotel dapat memesan dengan versi goreng maupun kuah baik di restoran maupun diantarkan ke kamar.

"ASTON Priority Simatupang kini dengan konsisten mengangkat budaya lokal, salah satunya adalah menyediakan kuliner khas Indonesia sebagai menu rekomendasi dari Chef setiap dua bulan dengan menu yang berbeda-beda selama satu tahun," kata Andi Gevika Rizki, General Manager ASTON Priority Simatupang Hotel & Conference Center.

"Pada bulan Januari dan Februari ini, kami menghadirkan kuliner Mie Aceh sebagai menu yang wajib dicoba bagi tamu-tamu pecinta kuliner Indonesia," imbuh dia.



Simak Video "Keren! Jualan Mie Aceh Pakai Bus Mercedes-Benz 508D"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA