Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 26 Jan 2023 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Gletser Seukuran Kota London Copot dari Antartika

Gletser Antartika pecah
Gletser Antartika pecah (Foto: BBC)
Jakarta -

Gletser berukuran setara dengan London terlepas dari Antartika. Lokasinya dekat dengan stasiun penelitian Halley Inggris.

Melansir BBC, Kamis (26/1/2023), proses itu tidak mengejutkan para ilmuwan. Sebab, pertumbuhan retakan besar gunung es baru yang belum diberi nama di Beting Es Brunt selama dekade terakhir itu selalu dipantau.

Beting Es Brunt atau Brunt Ice Shelf adalah lokasi Stasiun Riset Halley British Antarctic Survey (BAS). Sebanyak 21 ilmuwan yang berada di stasiun itu juga merasa aman dan akan terus bekerja hingga dijemput awal bulan depan. Stasiun Halley sekitar 20 km dari garis pecah gletser itu.

Peneliti British Antarctic Survey (BAS) memantau gletser itu dengan serangkaian perangkat GPS di area tersebut. Alat itulah yang menyampaikan informasi tentang pergerakan es yang disalurkan ke markas besar badan tersebut di Cambridge.

Pejabat akan memeriksa citra satelit saat tersedia. Mereka ingin melihat bahwa tidak ada ketidakstabilan tak terduga yang muncul di sisa platform lapisan es yang menahan Halley.

Gletser Antartika pecahGletser Antartika pecah (Foto: BBC)

Gunung gletser berukuran serupa, yang dikenal sebagai A74, pecah pada Februari 2021. Pada saat itu, diperkirakan bahwa pelepasannya mungkin memulai perpisahan terbaru, tetapi peristiwa ini di luar prediksi.

Gletser seluas London yang pecah itu ada di kawasan Brunt Ice Shelf. Itu seperti semenanjung gletser mengambang yang mengalir dari benua Antartika ke Laut Weddell.

Di peta, Laut Weddell adalah sektor Antartika yang langsung menghadap ke selatan Samudra Atlantik. Sedang Brunt berada di sisi timur laut.

Seperti semua rak es, secara berkala akan melahirkan gunung es. Sebelum gletser dan A74 terbaru ini, bongkahan besar terakhir yang lepas dari Brunt terjadi pada tahun 1971.



Simak Video "Tingkat Pencairan Gletser di Swiss Terburuk di Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali Selengkapnya