Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Agu 2015 09:20 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Liburan Maksimal di Kalimantan Barat

Hutan hujan ala Amazon di Ketapang, Kalbar (Merza Gamal/d'Traveler)
Pontianak - Provinsi Kalimantan Barat punya banyak destinasi wisata, yang terkadang luput dari pandangan wisatawan. Oleh karena itu sebelum berangkat, ada beberapa tips yang patut disimak agar liburan ke Kalbar lancar dan menyenangkan.

Setidaknya ada 5 tips yang perlu diperhatikan sebelum 'blusukan' ke Kalimantan Barat. Dihimpun detikTravel, Kamis (27/8/2015), berikut daftarnya:

1. Buat itinerary

Lain kota, lain lagi destinasi wisatanya. Oleh karena itu jauh-jauh hari sebelum berangkat, buatlah itinerary sesuai bujet dan lamanya perjalanan. Tentukan destinasi yang Anda inginkan, apakah 1 kota saja, apakah akan 'lompat-lompat' ke beberapa kota.

Misal, jika hanya punya waktu 3 hari 2 malam, Anda bisa berkeliling Pontianak atau Singkawang. Punya waktu lebih? Bisa mengunjungi Rumah Betang di dekat Pontianak, atau hutan ala Amazon di Ketapang.

2. Pesan tiket jauh-jauh hari

Sambil merancang itinerary, pesanlah tiket pesawat jauh-jauh hari. Beberapa maskapai nasional menyediakan penerbangan dari Jakarta (atau kota-kota besar lainnya) menuju Pontianak atau Singkawang.

Pesan tiket jauh-jauh hari juga menghindari Anda dari harga tiket yang selangit. Makin dekat waktu keberangkatan, harganya bisa semakin melambung tinggi!

3. Sunblock dan obat-obatan

Berkunjung ke Kalimantan Barat, berarti Anda harus bersiap menghadapi terik matahari 'di atas kepala'. Berhubung Anda berada persis di garis khatulistiwa, bawalah sunblock setiap saat agar terhindar dari kulit memerah.

Selain itu, bawalah obat-obatan seperti obat anti mabuk serta lotion anti nyamuk. Ini karena mayoritas wilayah Kalimantan Barat masih penuh hutan atau tertutup pepohonan. Lotion anti nyamuk juga berguna saat Anda berwisata sungai, misal di Pontianak.

4. Jelajah sungai terpanjang di Indonesia

Kalimantan Barat adalah tempat mengalirnya sungai terpanjang se-Indonesia, yakni Kapuas. Berkunjung ke provinsi ini, belum afdol tanpa mengarungi Sungai Kapuas. Datanglah ke Pontianak untuk pengalaman seru satu ini.

Anda bisa menyewa perahu atau kapal nelayan dari banyak titik sepanjang bantaran Sungai Kapuas. Anda juga bisa memulai perjalanan dari Kota Sintang, sekitar 400 Km jauhnya dari Pontianak, yang dialiri Sungai Kapuas dan Sungai Malawi.

5. Jangan cuma ke Pontianak

Pontianak adalah destinasi wisata yang populer di Kalimantan Barat. Namun Kalbar punya lebih dari Pontianak, masih ada kota lain seperti Singkawang.

Bisa dibilang, Kota Singkawang adalah 'mutiara' Kalimantan Barat. Ada baiknya saat mengunjungi Kalbar, mampirlah ke Singkawang.

Kota Singkawang di Kalimantan Barat, terkenal sebagai Kota Seribu Kelenteng dan Kota Amoy. Selain itu, Singkawang juga punya Danau Biru yang indah bak luar negeri!

BACA JUGA: Danau Biru di Singkawang, Serasa di Luar Negeri

(rdy/Aditya Fajar Indrawan)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA