Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Feb 2016 11:50 WIB

TRAVEL-TIPS

Kehabisan Penginapan untuk Nonton Gerhana, Harus Apa?

Faela Shafa
Redaksi Travel
Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock
Jakarta - Fenomena gerhana matahari total 2016 akan berlangsung bulan depan. Jika penginapan banyak yang penuh, ini beberapa cara untuk mengakalinya.

Gerhana matahari total direncanakan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang. Kota terbanyak yang dilewatinya ada di Indonesia. Tak heran jika fenomena ini menarik perhatian banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Dari tahun lalu pun, sudah banyak yang mempersiapkan perjalanan ke kota-kota seperti Palu, Balikpapan, Ternate, dan lainnya. Nah, bagi kamu yang baru mau ke sana, jangan bingung saat mencari penginapan.

Disusun detikTravel, Selasa (2/2/2016), inilah 6 cara mencari penginapan saat banyak yang penuh:

1. Airbnb

Jika hotel habis, mungkin kamu bisa mencoba Airbnb, alias menginap di rumah orang lewat jejaring online. Untuk kota-kota besar yang dilalui gerhana, peluangnya besar juga untuk mendapatkannya.

Tinggal browsing di sejumlah kota yang dilalui gerhana. Lantas kita lihat, apakah ada peluang untuk menginap di rumah orang dengan model Airbnb.

2. Couchsurfing

Jika hotel, penginapan, sampai Airbnb sudah habis, mari coba Couchsurfing. Asal jeli mencarinya, kamu bisa saja mendapat orang yang tinggal di kota-kota yang dilewati gerhana matahari total dan bermalam di sana.

Jika kota kecil seperti Poso atau Kao terlalu sulit mencari Couchsurfing, kenapa tidak coba di kota lain. Beberapa contoh yang bisa dicoba adalah Ternate, Palu, Balikpapan, dan Bangka Belitung.

3. Bawa tenda

Ingin yang sederhana? Bawa saja tenda dan carilah tempat untuk bermalam. Bisa di tepi pantai, atau di area umum yang terbuka. Usahakan untuk mencari tempat yang dekat dengan MCK. Agar tidak kesulitan jika ingin ke kamar kecil.

Paling asyik menginap di tenda bersama teman-teman. Karena semakin ramai, semakin seru waktu yang terlewati. Misal tak mau bawa tenda dari rumah, cari saja tempat penyewaan tenda di tempat tujuan kamu.

4. Cari teman atau kenalan

Satu lagi yang bisa dicoba adalah mencari teman atau kenalan. Saat ini, sudah banyak komunitas traveling yang bisa diikuti. Ikuti beberapa komunitas untuk menemukan teman yang tinggal di kota-kota yang dilewati gerhana matahari total.

Kamu bisa berkenalan dan kemudian bisa mencoba menginap di tempatnya untuk melihat gerhana matahari total. Selain bisa mendapat tempat untuk bermalam, kamu juga bisa menambah teman baru.

5. Sewa kos-kosan

Cara lain yang bisa dicoba adalah mencari kos-kosan. Memang tidak memiliki fasilitas seperti penginapan. Tapi setidaknya kamu punya tempat untuk bermalam.

Biasanya kos-kosan ada di dekat kampus atau perkantoran. Tinggal pilih mau di mana. Pilih yang aman dan bersih ya!

6. Homestay

Terakhir, mari kita mencoba homestay, rumah warga untuk diinapi. Pertama, kamu harus punya nyali besar untuk bertanya pada warga lokal. Jika beruntung, kamu bisa saja bertemu dengan warga yang mau menyewakan kamarnya untukmu.

Tapi jangan khawatir, beberapa kota yang dilalui gerhana sudah menyiapkan homestay. Ternate misalnya, pemda setempat akan menyiapkan homestay untuk wisatawan. Kalau menginap di homestay, jaga sikap ya. Ramah dan hangatlah dengan para penghuni rumah. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Indahnya Telaga Menjer di Dieng

Minggu, 17 Des 2017 16:00 WIB

Wisata Alam di Dieng, memang tidak ada habisnya. Salah satu wisata alam yang bisa dinikmati adalah Telaga Menjer yang punya pemandangan cantik.