Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Feb 2017 17:50 WIB

TRAVEL-TIPS

6 Tips Liburan Aman Tanpa Dititipi Oleh-oleh

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: (Rachman Haryanto/detikTravel)
Foto: (Rachman Haryanto/detikTravel)

FOKUS BERITA

Pro Kontra Oleh-oleh
Jakarta - Ada traveler yang senang dititipi oleh-oleh, tapi ada pula yang menganggap itu memberatkan. Berikut tips agar bisa liburan tanpa dititipi oleh-oleh.

Liburan di dalam maupun luar negeri memang makin lengkap dengan belanja oleh-oleh. Namun tak semua orang senang dititipi oleh-oleh. Apalagi jika jumlah titipannya banyak dan merepotkan untuk dibawa, belum lagi kalau mencarinya saja sudah susah.

Bagi traveler yang ingin lebih santai liburan tanpa harus belanja oleh-oleh buat orang lain, ada sejumlah trik yang bisa dicoba. Disusun detikTravel, Kamis (2/2/2017), berikut 6 tips liburan aman tanpa dititipi oleh-oleh:

1. Pergi liburan tak perlu bilang-bilang

Traveling secara diam-diam cukup ampuh untuk memperkecil kemungkinan dititipi oleh-oleh banyak orang. Sesekali, coba saja langsung berangkat tanpa cerita ke teman-teman kamu. Apalagi ke orang yang seringkali titip buah tangan setiap kamu traveling.

Namun setidaknya kamu tetap harus memberitahu orangtua jika pergi liburan. Sampaikan kalau kamu memang sedang tidak ingin dititipi banyak oleh-oleh yang merepotkan.

2. Untuk sementara jangan respons teman di ponsel

Kalau ternyata banyak teman yang sudah tahu kamu akan pergi liburan dan mereka ingin titip oleh-oleh, tak ada salahnya kamu menghindar sejenak. Jangan respons dulu telepon atau chat dari teman kamu yang mau titip belanja sampai kamu pulang ke rumah.

3. Jangan pasang status tentang pergi liburan

Traveler masa kini kebanyakan rajin update status di media sosial tentang liburannya. Dengan status yang rajin update ini, teman-teman di jejaring sosial jadi tahu kamu sedang ada di mana.

Dari yang awalnya tidak ingin nitip oleh-oleh, bukan tidak mungkin jadi tergiur minta dibelikan. Apalagi jika tahu kalau kamu memasang status update yang isinya tentang destinasi yang dekat dengan kawasan belanja. Bisa-bisa jadi banyak yang nitip!

4. Jangan posting foto liburan

Tak jauh beda dengan status update, rajin posting foto yang niatnya buat sharing keindahan objek wisata malah ujungnya jadi umpan para penitip oleh-oleh. Kalau sudah banyak yang minta tolong dibelikan aneka suvenir, meskipun nanti uangnya diganti, tetap saja liburan yang tadinya buat bersantai malah jadi repot harus bolak-balik belanja.

5. Jujur saja kalau uang terbatas

Kalau terlanjur banyak yang ingin dibawakan buah tangan dan kamu merasa bujet tidak mencukupi, lebih baik jujur saja. Katakan kepada teman-teman kalau memang kamu membawa uang terbatas untuk liburan, sehingga tidak bersisa untuk oleh-oleh.

6. Jangan sering titip oleh-oleh

Kalau tidak mau dititipi, sebaiknya kamu juga jangan mulai duluan untuk sering minta dibelikan oleh-oleh. Kerabat yang tahu bahwa kamu jarang titip ini itu, tentu segan juga minta oleh-oleh saat kamu traveling. (krn/fay)

FOKUS BERITA

Pro Kontra Oleh-oleh
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED
Tapal Batas

Belanja di Toko Duty Free Timor Leste

Minggu, 23 Apr 2017 12:25 WIB

Pos perbatasan di Batu Gede, Timor Leste, bisa didatangi traveler Indonesia, meskipun tanpa cap imigrasi. Di sana kita bisa belanja di toko duty free.