Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Feb 2017 18:15 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Liburan ke Indonesia Timur

Shinta Angriyana
Redaksi Travel
Wisatawan menikmati di Raja Ampat (Wahyu/detikTravel)
Wisatawan menikmati di Raja Ampat (Wahyu/detikTravel)
Raja Ampat - Sudah bukan rahasia lagi jika wilayah timur Indonesia menyimpan berbagai keajaiban. Mau liburan ke Indonesia Timur, kamu harus tahu tipsnya.

Banyak objek wisata menarik yang menjadi idaman banyak traveler di Timur Indonesia, dari Maluku sampai Papua. Tentunya tempat yang spesial harus dibarengi dengan persiapan yang matang, serta membutuhkan kiat-kiat khusus.

Kali ini, detikTravel Kamis (23/2/2017) akan memberikan beberapa tips untuk traveler yang ingin pergi berlibur ke Indonesia timur:

1. Berburu tiket murah

Wilayah di Indonesia bagian Timur memang berbeda harga transportasinya dibandingkan daerah lain. Maka dari itu, baiknya persiapkan dengan berburu tiket murah jauh-jauh hari.

Selain itu, pilihlah tanggal yang sekiranya bukan musim liburan atau high season. Harga tiket berbagai macam transportasi biasanya melonjak lebih tinggi daripada hari biasa. Persiapan jauh-jauh hari pun juga akan memaksimalkan liburan dan menghemat biaya, jangan lupa juga untuk membandingkan ya. Karena harga dari satu portal penjualan tiket dengan portal lainnya juga dapat berbeda.

2. Mencari informasi destinasi dengan detail

Kemanapun perginya, sudah wajib untuk mencari informasi tentang destinasi yang akan dituju. Terlebih jika traveler bukan berasal dari bagian Timur dan belum memiliki pengalaman, minim informasi bisa-bisa menghambat traveling.

Carilah informasi di situs-situs traveling seperti detikTravel atau bertanya kepada yang sudah pernah berkunjung. Biasanya seputar kendaraan, akomodasi, hingga tempat-tempat cantik dan hal yang harus dihindari. Catat dengan jelas sehingga saat nanti dibutuhkan tidak perlu repot-repot dan kebingungan lagi.

3. Siapkan waktu yang agak lama

Banyak yang bisa dijelajahi dari Timur Indonesia. Jangan sampai persiapan yang sudah matang tetapi hasil yang diperoleh hanya setengah-setengah karena waktu liburannya cuma sebentar.

Antisipasinya, carilah waktu libur yang panjang, bisa juga dengan mengajukan cuti dari jauh hari. Waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lainnya juga tidak sebentar, sehingga traveler perlu lebih lama untuk berlibur. Sayang kan kalau ada destinasi atau kegiatan seru yang terlewat?

4. Bawa tabir surya

Penting! Karena sebagian besar wilayah bagian Timur panas dengan matahari yang terik, bawalah tabir surya untuk berjaga-jaga. Jangan sampai kulit rusak akibat terbakar sinar matahari.

Tidak semua tempat menjual berbagai produk perawatan kulit, sehingga lebih baik untuk membawa tabir surya dari rumah. Ini juga menjaga kulit traveler agar tidak terbakar saat pergi di siang hari. Jangan sampai destinasi indah terlewatkan karena takut kulit terbakar matahari.

5. Selalu siapkan kondisi tubuh yang fit

Saat pergi berlibur, yang juga harus disiapkan adalah kondisi tubuh yang prima. Kalau tidak, traveling rasanya akan sia-sia.

Khususnya saat pergi ke Indonesia Timur, biasanya jadwal penerbangannya saat malam hari dari Jakarta dan akibatnya bisa kurang tidur. Tidak jarang juga harus transit di beberapa daerah.

Beberapaa destinasi juga butuh trekking. Terlebih jika ada jalan-jalan yang mengharuskan traveler untuk mengeluarkan tenaga ekstra seperti jalan kaki atau menanjak.

(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED