Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Mar 2017 09:19 WIB

TRAVEL-TIPS

Mau Menjelajah Indonesia Tengah? Ini Dia Tipsnya

Shinta Angriyana
Redaksi Travel
Ilustrasi Pink Beach di Flores (Shafa/detikTravel)
Ilustrasi Pink Beach di Flores (Shafa/detikTravel)
Jakarta - Indonesia memiliki berbagai macam tempat keren untuk dijelajahi. Salah satunya yang sayang untuku kamu lewatkan adalah Indonesia bagian tengah.

Indonesia Tengah punya berbagai macam atraksi. Mulai air terjun laut di Lombok, sampai tempat hidup ubur-ubur tidak menyengat pun bisa ditemui di sini. Supaya bisa menjelajah dengan maksimal, tentu ada tipsnya.

Kali ini, detikTravel Kamis (30/3/2017) Akan memberikan beberapa tips jitu untuk traveler yang ingin liburan di Indonesia Tengah:

1. Mencari informasi detail

Banyak wilayah yang termasuk di dalam kawasan Indonesia Tengah. Sebelum pergi traveling, cari dulu lokasi-lokasi yang ingin dituju.

Banyak juga destinasi wisata yang jarang dikunjungi orang lain. Biasanya tempat tersebut lebih antimainstream dibandingkan tempat-tempat lainnya. Dengan mencari info, traveler juga dapat menyiapkan berbagai macam hal yang diperlukan ataupun dihindari. Ini juga membantu traveler untuk lebih siap dengan segala kebutuhan sebelum berangkat.

2. Bersiap untuk berpetualang

Liburan ke Indonesia tengah harus siap untuk berpetualang. Coba kunjungi tempat-tempat asing yang belum pernah ditemui sebelumnya.

Bepertualang bisa dimulai dari hal kecil, misalnya saja pergi tanpa itinerary atau daftar perjalanan. Hanya bermodalkan informasi tempat dan perlengkapan traveling. Siapa tahu, traveler bisa menemukan hal yang tidak disangka-sangka. Pengalaman baru tentunya!

3. Membawa tabir surya

Penting! Karena Indonesia memiliki iklim tropis, baiknya bawalah tabir surya untuk berjaga-jaga. Terkadang beberapa wilayah bisa sangat panas hingga menusuk kulit.

Membawa tabir surya baiknya memang dari rumah. Jika traveler mengandalkan toko yang ada di destinasi wisata, mungkin saja akan sulit mendapatkannya. Ini juga meminimalisir kulit dari penyakit yang menganggu nantinya.

4. Patuhi aturan masyarakat setempat

Beda tempat, beda juga peraturannya. Apalagi sebagai pendatang, wajib hukumnya untuk mematuhi peraturan yang dibuat masyarakat setempat. Beberapa wilayah juga memiliki adat istiadat yang kental, dimana pengunjung pun harus ikut mematuhinya.

Jangan berbuat seenaknya atau bersikap melanggar aturan. Bukan hanya menghormati penduduk setempat, tetapi juga menghindari diri sendiri dari hal yang tidak diinginkan. Asalkan bersikap sesuai aturan, traveling pun pasti lancar!

5. Cek kondisi cuaca

Kondisi cuaca terkadang memang tidak menentu. Terlebih saat traveling yang mengharuskan berpindah-pindah tempat dalam waktu singkat.

Sebelum berangkat, baiknya cek dulu kondisi cuaca destinasi yang akan dituju. Jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan sesuai kondisi cuaca. Misal sedang panas, bawalah pakaian berbahan dasar katun. Jika musim dingin, jaket dan kaus kaki mungkin diperlukan.

(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Kapan Kamu Main ke Museum Angkut?

Minggu, 19 Nov 2017 22:55 WIB

Museum Angkut di Batu adalah museum dengan gaya modern yang menampilkan bermacam alat transportasi dari tradisional hingga yang paling modern. Keren banget!