Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 15 Jul 2017 18:10 WIB

TRAVEL-TIPS

5 Tips Memulai Travel Vlogging ala Traveler Jordan Simons

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Jordan Simons yang sedang vlogging di Filipina (@TheLifeofJord/Instagram)
Jordan Simons yang sedang vlogging di Filipina (@TheLifeofJord/Instagram)
Jakarta - Saat ini banyak orang yang tertarik akan Travel Vlogging atau membuat blog video ketika traveling. Buat kamu yang ingin memulai, ini tips dari Jordan Simons.

Traveler dunia asal Inggris yang terkenal di YouTube dan Instagram (@TheLifeOfJord) Telah mengelilingi 52 negara dari berbagai benua. Tidak hanya traveling, tetapi ia juga membuat vlog atau video blog di channel YouTubenya.

BACA JUGA: Jordan Simons, Keliling Dunia dan Terpesona Indonesia

detikTravel pada Selasa kemarin (11/7/2016) berkesempatan untuk berbincang dengan lelaki yang akrab disapa Jord ini. Sebagai travel vlogger, ia juga memberikan beberapa tips untuk memulai Travel Vlog:

1. Cobalah untuk langsung memulai vlogging

Banyak orang yang hanya ingin mencoba namun beberapa faktor dapat mengurungkan niat kembali. Jika terlintas untuk berniat membuat vlog, cukup ambil kamera traveler dan lakukan.

Jord juga mengatakan bahwa semua hal memang dimulai dari diri sendiri.

"Itu memang menyeramkan dan aneh saat membawa kamera dan berbicara di depannya di tempat umum, tetapi akan jauh lebih mudah jika kalian langsung mencobanya," saran Jordan.

2. Menjadi diri sendiri

Saat berada di depan kamera, seseorang bisa saja menjadi berubah baik secara fisik maupun sikap. Cara paling baik saat melakukan vlogging adalah menjadi diri sendiri.

Termasuk saat travel vlogging, misalnya kamu adalah tipe yang senang ke pantai dan tidak menyukai hiking atau naik gunung. Maka, saat di gunung jangan berpura-pura gemar berwisata ke gunung. Tetapi, jangan juga memberikan komentar jelek di depan publik.

"Jangan mencoba untuk mengubah sifat, janganlah menjadi orang lain dan orang lain akan mengenali pribadi dan identitasmu," ujar Jordan.

3. Jujur

Tidak jauh berbeda dari poin sebelumnya, kejujuran menjadi hal yang terpenting saat ingin memulai Travel Vlogging. Pastikan seluruh konten dan pengalaman kamu sesuai dengan kenyataan. Misalnya, jika suatu destinasi wisata terlihat kumuh, hindari berkata sebaliknya seperti 'tempat ini indah sekali' atau 'suasananya asyik banget.'

Jordan juga menuturkan, bahwa kejujuran adalah suatu hal yang merepresentasikan kualitas seorang vlogger.

"Menurut saya orang-orang di internet sudah pintar dan akan mengetahui apakah seorang pembuat konten jujur atau berbohong," ucapnya.

4. Belajar berbagai teknik vlog

Membuat sebuah video memang tidak menjadi keahlian semua orang. Tetapi bukan berarti semua orang tidak dapat belajar untuk mencoba membuat travel vlog.

Teknik vlog yang digunakan juga beraneka ragam, misalnya menentukan angle yang tepat dari sebuah gambar, atau bagaimana caranya untuk memasukkan musik yang pas dengan destinasi wisata yang di rekam. Traveler dapat mencobanya dengan menonton vlog-vlog orang yang sudah cukup berpengalaman di media sosial.

5. Jangan bergantung kepada viewers dan pendapatan

Sebagian orang masih melihat pekerjaan seorang vlogger sebagai media untuk mencari uang yang cepat. Apalagi jika memulainya sebagai seorang travel vlogger yang berkunjung ke tempat-tempat asing dan akan lebih mudah mendapat viewers.

"Jangan pernah mengejar viewers atau subscribers, apalagi untuk uang, karena travel vlogging tidak sesederhana itu. Lakukanlah karena kamu senang, karena jika mencari uang yang paling utama, kamu tidak akan pernah cepat mendapatkannya," ungkap Jordan.

Apabila ingin mengetahui tips Vlogging ala Jordan secara rinci, lihat saja videonya di bawah ini: (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED