Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Nov 2017 13:50 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Hemat Uang di Bali Saat Erupsi Gunung Agung

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Erupsi Gunung Agung (Johannes P Christo/Reuters)
Foto: Erupsi Gunung Agung (Johannes P Christo/Reuters)
Jakarta - Terkait erupsi Gunung Agung dan penutupan bandara, tak sedikit traveler yang perpanjang tinggal di Bali. Berikut ini tips menghemat pengeluaran selama di sana.

Erupsi Gunung Agung masih berlangsung. Bandara I Gusti Ngurah Rai sempat ditutup kemarin (27/11) dan rencananya beroperasi kembali pagi ini (28/11). Namun karena abu vulkanik Gunung Agung dianggap masih membahayakan penerbangan, penutupan bandara kembali diperpanjang hingga besok (29/11).

Dengan adanya penutupan bandara ini, banyak traveler yang 'terdampar' di Bali dan untuk sementara tak bisa langsung pulang ke daerah asal. Pihak maskapai sendiri ada yang memberi opsi refund atau reschedule.

Traveler mau tak mau harus perpanjang waktu tinggal di Bali. Bukan tak mungkin ada biaya tambahan tak terduga yang harus dikeluarkan. Baik untuk penginapan, makan, ataupun mencari transportasi untuk pulang selain naik pesawat.

Disusun detikTravel, Selasa (28/11/2017), berikut 5 tips untuk menghemat uang selama erupsi Gunung Agung di Bali:

1. Cari promosi menginap khusus

Traveler yang harus memperpanjang waktu tinggal di Bali karena tak bisa pulang terkait erupsi Gunung Agung, kabarnya bisa menginap gratis. Menteri Pariwisata Arief Yahya sempat memerintahkan kepada pihak hotel untuk memberikan diskon khusus bagi wisatawan yang tidak dapat melanjutkan perjalanan dari Bali.

Sehubungan dengan imbauan Menpar ini, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) di Bali pun menanggapi bahwa wisatawan bisa menginap gratis di hotel untuk satu malam. Selain itu traveler juga bisa mencari informasi lebih lanjut di hotel masing-masing apakah ada promo lainnya terkait bencana Gunung Agung ini.

2. Pindah ke hotel budget atau akomodasi online

Buat traveler yang menginap di hotel berbintang, jika persediaan uang liburan mulai menipis sebaiknya bisa mencari hotel budget yang lebih terjangkau. Sejumlah platform pemesanan hotel online juga ada yang sudah menyediakan akomodasi sekitar Bali.

Biayanya memang lebih bersahabat di kantong. Tapi jangan khawatir fasilitas dan kenyamanannya pun biasanya sudah mumpuni. Yang penting tetap cek dulu review-nya via online sebelum benar-benar memilih penginapan.

3. Rental mobil diganti jadi rental motor

Keliling sekitar Bali naik mobil memang asyik karena bisa sekaligus ramai-ramai bersama sahabat. Tak perlu khawatir harus berteduh pula jika hujan turun. Namun biaya yang dikeluarkan memang lebih mahal.

Oleh karena itu untuk mengirit, ada baiknya kamu beralih ke rental motor saja. Harganya lebih murah, sekitar Rp 50 ribu bisa untuk seharian. Tinggal siapkan uang lagi untuk mengisi bensin.

4. Kurangi makan di resto

Budget untuk makanan juga bisa lebih irit. Daripada ke restoran terus, sementara beralih dulu ke food court atau warung makan yang harganya lebih murah. Pilihan menunya tak kalah menarik dibanding di restoran fancy.

5. Terakhir, siap-siap bongkar tabungan

Bencana alam seperti letusan Gunung Agung memang tak bisa diprediksi kapan dimulai dan kapan berakhir. Jika berbagai cara untuk mengirit di atas sudah kamu coba, tapi masih ada pengeluaran tak terduga yang harus dibayar, saatnya sedikit bongkar tabungan.

Gunakan uang yang ada di tabungan kamu untuk membayar biaya-biaya yang diperlukan. Termasuk juga untuk membeli tiket transportasi darat dan laut jika ingin segera pulang sebelum Bandara I Gusti Ngurah Rai kembali beroperasi.

Jangan bersedih. Ini bisa jadi motivasi kamu lebih bersemangat menabung setelah pulang dari liburan di Bali. Kembali menabung untuk petualangan seru selanjutnya. (krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Penjara di Bawah Air

Sabtu, 19 Mei 2018 22:05 WIB

Pernah terbayang penjara underwater? Di Estonia ada bekas penjara yang dulunya tambang kapur dan terendam air bersih yang dipompa. Pemandangannya cantik.