Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 15 Jan 2018 17:51 WIB

TRAVEL-TIPS

Cegah Flu Australia Saat Traveling, Ini Tipsnya

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: Ilustrasi/Getty Images
Foto: Ilustrasi/Getty Images
Jakarta - Flu Australia sedang mewabah di Inggris dan sekitarnya. Untuk kamu yang mau traveling ke sana, begini tipsnya.

Penyakit Flu Australia dari virus H3N2 ini sedang mewabah sampai ke berbagai negara Eropa, khususnya negara-negara di Britania Raya, dari Inggris sampai Skotlandia dan Irlandia Utara.

BACA JUGA: 5 Hal Dasar yang Traveler Mesti Tahu Soal Flu Australia

Virus H3N2 yang awalnya merebak di Australia, rentan menyebar saat musim dingin seperti sekarang, apalagi kalau kondisi badan tidak prima. Dilansir dari The Sun, Senin (15/1/2017) ada berbagai macam tips yang harus diketahui traveler sebelum traveling ke Inggris, supaya aman dari Flu Australia. Berikut selengkapnya:

1. Selalu mencuci tangan

Mulailah perhatikan tentang sanitasi dan kebersihan diri sendiri. Salah satunya dengan selalu mencuci tangan. Untuk di Inggris, cucilah tangan dengan air hangat, jangan air dingin agar lebih bersih.

Sebelum makan, menyentuh wajah, atau ke luar dan beraktivitas, cucilah tangan terlebih dahulu. Pastikan dicuci dengan sabun, untuk memastikan kuman-kuman tidak menempel di badan. Baiknya, bawalah hand sanitizer atau pencuci tangan instan yang mudah dibawa ke mana-mana.

2. Hangatkan suhu tubuh

Di udara dingin, sistem imun tidak akan bekerja dengan baik. Untuk mencegah, lindungilah tubuh dari udara yang dingin apalagi ekstrem.

Pakailah pakaian berlapis atau kenakan baju tebal seperti sweater dan jaket. Ini akan membuat suhu tubuh lebih hangat sehingga daya tahan tubuh bekerja dengan baik. Traveler juga bisa memakai syal, sarung tangan dan kaus kaki untuk berjaga-jaga.

3. Cukup tidur

Agar kondisi tubuh tetap prima, pastikan tubuh mendapat tidur yang cukup. Setidaknya, tidurlah 6-8 jam satu hari.

Pastikan saat tidur pun harus nyenyak dan berkualitas. Supaya tidur nyenyak, traveler bisa memastikan penginapan atau hotel punya suasana yang tenang. Carilah penginapan saat traveling yang berada di tempat kondusif agar tidur lebih nyenyak.

4. Perhatikan kebersihan saat bersin dan batuk

Saat bersin dan batuk, pastikan menutup hidung serta mulut dengan tangan bersih dan tisu yang higienis. Ini dapat mencegah kuman-kuman yang menyebar nantinya. Segera buang tisu ke tempat sampah setelah digunakan.

Jangan sembarang membasuh hidung dan mulut dengan pakaian atau sapu tangan milik orang lain. Jika traveler berada di suatu tempat dan merasakan bersin serta batuk yang ekstrem, baiknya tinggalkanlah tempat tersebut.

5. Vaksin

Vaksin menjadi salah satu peran penting untuk mencegah penyakit. Sebelum traveling, cobalah pergi ke rumah sakit atau pusat kesehatan terlebih dahulu.

Berapa pun umur traveler, vaksin dinilai cukup ampuh untuk menghindari virus-virus di berbagai tempat. Jangan lupa untuk meminum vitamin untuk meningkatkan antibodi, agar badan tetap prima saat traveling. (sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED