Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 15 Jan 2018 16:14 WIB

TRAVEL NEWS

5 Hal Dasar yang Traveler Mesti Tahu Soal Flu Australia

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
(Ilustrasi/Thinkstock)
(Ilustrasi/Thinkstock)
Jakarta - Di beberapa forum traveling, mulai ramai dibahas soal Flu Australia yang memakan korban jiwa. Ini 5 hal yang traveler Indonesia harus tahu soal 'Aussie Flu'.

Dihimpun dari berbagai sumber, Senin (15/1/2018) inilah penjelasan sederhana dan mudah dipahami tentang Flu Australia. Meski begitu, informasi berikut ini sangatlah penting:

1. Kenapa namanya Flu Australia

Flu Australia adalah influenza tipe A dari virus H3N2 yang cukup agresif. Awalnya virus flu ini merebak di Australia pada musim dingin 2017, yang mana Eropa sedang mengalami musim panas.

Begitu Eropa memasuki musim dingin, virus flu ini menyebar ke Inggris. Diduga terbawa dari banyaknya WN Inggris yang traveling ke Australia. Inggris memang punya penerbangan langsung ke Brisbane, Sydney, Melbourne dan Hobart.

2. Negara mana yang kena Flu Australia

Ingat ya, bukan Australia tapi justru malah Inggris yang sedang heboh dengan kasus Aussie Flu, karena sedang memasuki musim dingin. Media Inggris, Metro menyebutkan sudah ada 1.600 kasus di Inggris dan 48 pasien meninggal.

Wilayah terdampak selain Inggris adalah Skotlandia dan Irlandia Utara. Pemerintah Inggris menyebutkan ini adalah wabah flu terburuk di sana dalam 50 tahun terakhir.

3. Gejala dan umur penyakit

Traveler harus tahu gejala Flu Australia. Menurut National Health Service (NHS) Inggris, gejalanya adalah mendadak demam dengan panas tubuh minimal 38 derajat Celcius, diikuti batuk, bersin, hidung meler, sakit perut, diare, mual dan muntah.

Umur penyakit ini adalah 1-2 minggu. Namun dampak terhadap tubuh bergantung pada kondisi fisik setiap orang. Manula dan anak-anak adalah target rentan. Dalam kondisi terburuk, Flu Australia menyebabkan kematian.

4. Pencegahan

Obat seperti paracetamol atau ibuprofen bisa membantu para traveler, pastikan dibawa saat traveling. Menghangatkan tubuh di dalam kondisi musim dingin dan istirahat yang banyak. Selalu buang tisu bekas batuk dan bersin dengan segera. Cuci juga tangan dengan sabun dan air hangat.

Vaksin influenza jadi andalan utama buat menangkis Flu Australia. Itu sebabnya beberapa media Inggris memberitakan kelangkaan vaksin di beberapa tempat sementara waktu karena orang-orang minta divaksin. Ada baiknya divaksin kalau dirasa perlu.

5. Travel Warning

Sejauh ini tidak ada travel warning ke Inggris terkait Flu Australia. Yang ada negara-negara meminta warganya hati-hati di dalam negeri sendiri.

Kementerian Kesehatan Prancis meminta warga dan wisatawan di Prancis hati-hati dengan flu selama musim liburan Natal kemarin. 1.250 Orang dirawat karena flu di Prancis.

Sedangkan di Indonesia, Kemenkes mengatakan pihaknya waspada dengan pintu masuk negara yaitu pelabuhan dan bandara. Kemenkes mengingatkan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat antara lain termasuk mencuci tangan dan menutup wajah saat bersin atau batuk. Ketika bepergian ke negara yang terjangkit flu musiman, disarankan untuk melakukan imunisasi influenza. (fay/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED