Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 06 Feb 2018 12:13 WIB

TRAVEL-TIPS

Traveling Saat Hujan, Banjir dan Longsor, Harus Bagaimana?

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Foto: Polres Metro Jakarta Barat membuat posko siaga banjir. (dok. Istimewa)
Foto: Polres Metro Jakarta Barat membuat posko siaga banjir. (dok. Istimewa)
Jakarta - Hujan, banjir dan longsor menggempur Jakarta, Bogor dan sekitarnya. Kalau harus bepergian antar kota entah urusan kerja atau liburan, ini yang mesti diperhatikan.

Hujan deras di puncak musim penghujan ini sudah menyebabkan banjir dan longsor di sejumlah tempat di Jakarta dan Bogor. Media sosial dan berita ramai mengabarkan info terkini situasi bencana alam yang ada.

Mungkin sebagian dari Anda harus traveling di sekitar Jabodetabek dengan kondisi semacam ini, baik itu urusan pekerjaan atau rekreasi. detikTravel Selasa (6/2/2018) menghimpun beberapa tips yang mesti menjadi perhatian:

1. Pastikan destinasi dan akses jalan tetap aman

Anda mau pergi ke mana? Pastikan tempat tujuan aman dari banjir dan longsor. Kemudian pastikan juga akses jalan menuju ke sana tidak terdampak.

Kalau jalan menuju ke sana terkena banjir cari rute alternatif. Atau, kalau justru tempat tujuan terkena bencana alam, sebaiknya batalkan perjalanan dan jadwal ulang rencana Anda.

2. Siap payung dan jas hujan

Traveling dalam hari-hari terakhir ini, berarti harus siap berhadapan dengan hujan. Sedia payung dan jas hujan di tas yang Anda bawa bepergian. Kita tidak tahu kapan kita berhadapan dengan hujan.

Hujan bisa saja terjadi sangat deras, atau malah tidak hujan sama sekali. Tidak ada salahnya kita selalu siap siaga.

3. Jaga kondisi tubuh

Jaga selalu kondisi tubuh saat traveling dengan kondisi cuaca seperti ini. Kalau basah kehujanan, segera keringkan tubuh, ganti baju dan mandi air hangat untuk menjaga suhu tubuh agar tidak demam.

Makan vitamin, buah dan banyak minum agar kondisi tubuh tetap prima di dalam kondisi cuaca tidak menentu. Jaket juga bisa jadi andalan untuk menjaga kondisi tubuh tetap hangat.

4. Update selalu informasi cuaca

Pantau selalu prakiraan cuaca sebelum bepergian. Kamu bisa cari tahu lewat berbagai aplikasi di smartphone. Kamu juga bisa berkomunikasi dengan kerabat dan teman di lokasi tujuan untuk menanyakan kondisi cuaca di lokasi tujuan.

5. Update berita soal banjir dan longsor

Pantau selalu kabar terkini soal banjir dan longsor yang terjadi. Baca selalu update berita di detikcom yang paling cepat dan tepat mengabarkan kondisi banjir dan longsor di Jabodetabek.

Dengan selalu update berita, kamu bisa tahu manakala perlu melakukan perubahan rencana. Stay safe ya, traveler! (fay/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED