Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Apr 2018 17:50 WIB

TRAVEL-TIPS

Mau Liburan ke Wayag di Raja Ampat? Baca Dulu Tipsnya

Shinta Angriyana
Redaksi Travel
Wayag di Raja Ampat (Shinta/detikTravel)
Wayag di Raja Ampat (Shinta/detikTravel)
Waisai - Wayag menjadi tempat ikonik di Raja Ampat. Tetapi sebelum ke sana ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Dengan panorama 360 derajat yang menawan, Wayag harus ditempuh dengan medan yang terjal. Tidak hanya itu, traveler juga harus melakukan perjalanan berjam-jam dari pusat Raja Ampat, yakni Waisai.

Begitupun dengan waktu, dan barang-barang yang harus dibawa. detikTravel, Kamis (19/4/2018) telah merangkum poin-poin tersebut. Berikut selengkapnya:

1. Perhatikan waktu kunjungan

Wayag paling baik dinikmati saat cuaca sedang cerah. Jangan takut dengan matahari yang menyengat, karena ini momen terbaiknya.

Datanglah mulai jam 09.00-15.00 WIT. Pada saat inilah Wayag sedang bagus-bagusnya. Hindari menjelang sore ke malam hari, karena pemandangannya tidak sebagus saat siang hari. Selain itu, lebih aman dibandingkan berkunjung sore ke malam hari.

2. Pakai baju yang nyaman

Medan menuju puncak Wayag terbilang terjal dan sulit. Perhatikan juga pakaian yang dipakai.

Baiknya, gunakan celana dan baju yang ringan serta menyerap keringat. Hindari menggunakan baju oversized karena dapat menyangkut di karang-karang.

BACA JUGA: Yang Juga Cantik di Raja Ampat: Telaga Bintang

3. Gunakan sepatu trekking

Karena tanjakannya masih berbatu karst dan tajam, baiknya gunakan sepatu atau sandal gunung. Ini agar traveler terlindung dari luka atau nyeri kaki.

Jangan biarkan kaki tanpa alas atau memakai sendal jepit. Selain berbahaya, ada beberapa medan yang licin.

4. Bawa air minum

Meskipun dari jauh terlihat dekat, nyatanya mencapai puncak Wayag cukup melelahkan. Agar kesehatan tetap terjaga serta terhindar dari dehidrasi, bawalah botol minum di tas traveler. Tapi, jangan sampai membuang sampah sembarangan ya!

BACA JUGA: Ramai-ramai Ngecas Motor Listrik Malam-malam, PLN Bisa Untung

5. Jangan datang tanpa guide

Penting! Jangan sekali-kali datang tanpa pemandu, apalagi jika traveler belum pernah ke sana. Ini karena medan Wayag yang sulit serta dibutuhkan arahan khusus, sehingga diperlukan orang yang ahli untuk dapat menjaga traveler agar tetap aman.

6. Bawa alat-alat P3K

Untuk jaga-jaga, bawalah alat P3K seandainya ada anggota tubuh yang terluka. Sehingga lebih mempermudah saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

(rdy/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
d'Traveler Jelajahi Indonesiamu

Tak Cukup Sekali ke Lovina

Selasa, 21 Agu 2018 11:05 WIB

Lovina punya segala pesona. Pantai di Bali ini punya sunset cantik, keramahan penduduk dan lumba-lumba di tengah lautan. Tak cukup sekali ke sana.