Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Jun 2018 17:50 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Mudik Ceria Menggunakan Bus

Ilustrasi bus untuk mudik (Pradita Utama/detikTravel)
Jakarta - Traveler sudah berkemas-kemas untuk mudik? Mau mudik pakai transportasi apa, bus, kereta, pesawat atau kendaraan pribadi?

Pertanyaan di atas seperti selalu terngiang bagi traveler yang sedang merantau. Dihimpun detikTravel, Kamis (7/6/2018), simak dulu tips mudik menggunakan bus berikut ini:

1. Pesan tiket jauh-jauh hari

Walau sering terkena macet dan membutuhkan waktu yang lama, mudik menggunakan bus masih diminati oleh traveler. Hal ini dikarenakan tiket pesawat akan mahal saat musim mudik, tiket kereta ludes, dan pilihan selanjutnya adalah mudik dengan menggunakan bus.

Pastikan Anda mendapat tiket jauh-jauh hari untuk mudik. Jangan memesan tiket saat hari H keberangkatan. Anda pasti ingin menghindari antrean panjang bukan?

2. Tentukan terminal atau pool keberangkatan

Ada beberapa terminal keberangkatan bus di Jakarta, mulai dari Kampung Rambutan, Pulogebang, Tanjung Priok dan beberapa yang lain. Anda harus tahu di mana pool bus terdekat dari tempat tinggal.

Jadi traveler jangan sampai salah pilih terminal dan malah memakan waktu banyak hanya untuk ke terminal atau pool.



3. Bungkus semua barang dengan rapi

Mudik dengan menggunakan bus bisa menjadi amat repot. Hal itu dikarenakan semua orang bisa masuk sampai ke dalam bus walau dia bukan orang yang akan melakukan mudik.

Maka dari itu, untuk berjaga-jaga dan kenyamanan mudik Anda agar membawa barang secukupnya dan dibungkus rapi.

4. Pilih tempat duduk yang nyaman

Nah ini ada keterkaitannya dengan poin pertama. Karena, jika traveler memesan tiket bus jauh-jauh hari dipastikan bisa memilih tempat duduk yang nyaman sesuai kehendak dan berefek pada kenyamanan selama perjalanan.

Satu contoh, jika traveler mudah mabuk perjalanan jangan memilih tempat duduk di ujung belakang dan di atas roda bus. Getaran berlebih akan membuat Anda mudah pusing, apalagi dirasakan selama berjam-jam.



5. Bawa pengusir bosan

Jika Anda adalah orang tidak bisa tidur dalam perjalanan, maka harus membawa benda untuk mengusir kebosanan. Anda bisa membawa buku, gadget yang sudah diisi film, atau mendengarkan musik.

6. Cukup bawa bekal

Biasanya bus hanya berhenti sekali dalam perjalanan menuju Jawa Tengah dari Jakarta. Pemberhentian ini untuk rehat sejenak, yakni makan minum di suatu rumah makan prasmanan, Jadi traveler disarankan membawa camilan sendiri untuk di perjalanan.

7. Tambahan

Dalam poin ini traveler diharapkan bisa memilih bus yang sesuai ekspektasi. Anda jug harus bertanya apakah dapat makan atau tidak di saat transit.

Tahu waktu transit untuk ke kamar mandi agar tak terlalu lama menahan buang air besar atau kecil. Dan, Anda diperbolehkan untuk turun di titik tertentu jika menginginkan asal membertahu kondektur saat awal masuk bus.

Selamat mudik, tetap sehat dalam perjalanan, tetap menjaga keamanan, dan sampaikan salam kami untuk keluarga di rumah! (msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA