Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 31 Des 2018 14:30 WIB

TRAVEL-TIPS

Tahun Baruan ke Car Free Night Jakarta, Baca Dulu Tipsnya

Kurnia Yustiana
detikTravel
Foto: Ilustrasi Tahun Baru di Bundaran HI (Ari Saputra/detikTravel)
Foto: Ilustrasi Tahun Baru di Bundaran HI (Ari Saputra/detikTravel)
Jakarta - Tahun Baru sudah di depan mata. Traveler yang ingin merayakan malam Tahun Baru sambil car free night, sebaiknya simak dulu tips berikut ini.

Pemprov DKI Jakarta akan menyelenggarakan malam bebas kendaraan alias car free night di sekitar Jalan MH Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman, saat perayaan malam Tahun Baru 2019. Event ini rencananya diisi bazar dari pedagang binaan Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan.

Car free night diperkirakan bakalan ramai pengunjung. Supaya maksimal menikmati event tersebut, ada beberap hal yang perlu disiapkan. Dirangkum detikTravel, Senin (31/12/2018), inilah 7 tips malam Tahun Baru di car free night:

1. Cari informasi lengkap tentang car free night

Sebelum berangkat sebaiknya ketahui terlebih dulu detail car free night mulai dari pukul berapa jalan ditutup hingga ada apa saja di acara ini. Nah, car free night Jakarta rencananya diadakan di sekitar Jalan MH Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman mulai tgl 31 Desember 2018 pukul 17.00 sampai 1 Januari 2019 pukul 01.00 WIB.

Terdapat sejumlah panggung hiburan hingga jejeran stan kuliner. Ada pula kegiatan nikah massal hingga doa bersama untuk korban tsunami.

2. Berangkat lebih awal

Setelah mengetahui pukul berapa car free night dimulai, lebih baik traveler berangkat lebih awal. Biasanya car free night begitu digemari, sehingga risiko kemacetan menuju lokasi tak terhindarkan. Dengan berangkat lebih awal traveler bisa tiba lebih dulu di lokasi dan siapa tahu masih terhindar dari kepadatan lalu lintas.

3. Memilih tempat parkir

Bagi yang membawa kendaraan pribadi, cari tahu mana saja spot parkir yang disediakan. Sebisa mungkin pilih tempat parkir yang dekat dengan area car free night tujuan. Sejumlah area parkir yang bisa digunakan antara lain di Plaza Indonesia, Wisma Nusantara, Wisma Antara, Jakarta Theatre, Gedung jaya, Gedung Prince Cenre, Komplek Gedung MidPlaza, Plaza Permata, Wisma Nugraha Santana, Plaza BII.

Ada juga kantong parkir di Menara Thamrin, Gedung Artaloka, Gedung BNI 46, Menara BDN, Gedung Menara Multimedia, Gedung Wisma 46, The City Tower, Grand Indonesia, UOB Plaza, Gedung Landmark, Graha Mandiri, Menara BCA, Gajah Mada Plaza, Stasiun Gambir, Gedung Sarinah, Masjid Istiqlal, lembaga Ketahanan Nasional, Perpustakaan Nasional RI dan Kementerian Perdagangan RI.

4. Kenakan pakaian yang nyaman

Pilihlah pakaian dan alas kaki yang dirasa nyaman. Berhubung temanya bebas kendaraan, tentu traveler akan banyak melakukan aktivitas jalan kaki. Untuk alas kaki, bisa kenakan sepatu tau sendal apapun yang empuk dan tidak membuat kaki lecet.

5. Sedia minum

Memang akan tersedia banyak stan yang menjual minuman. Namun tak ada salahnya untuk sedia botol air mineral yang dibawa ke mana-mana. Persiapan untuk melepas dahaga saat traveler belum mengetahui pasti di mana letak penjual minuman nanti malam.

6. Batasi membawa barang berharga

Sebaiknya tak perlu membawa banyak barang berharga seperti perhiasan yang berlebihan. Untuk gadget misalnya, bawalah satu ponsel yang jadi andalan, begitu pula dengan kamera bagi traveler yang doyan hunting foto.

Untuk tas, baik ransel maupun tas selempang dikenakan di sisi depan badan. Sehingga lebih mudah untuk diawasi. Jika pergi bersama teman-teman, kalian juga bisa saling menjaga agar terhindar dari copet.

7. Jaga sang buah hati

Di keramaian malam Tahun Baru, bukan tidak mungkin sanak keluarga cenderung lebih mudah terpisah. Kalau pergi bersama buah hati, traveler perlu ekstra hati-hati jangan sampai si anak terpisah dari rombongan dan tersasar sendirian. Semoga tips-tips ini bermanfaat buat traveler. Selamat Tahun Baru! (krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Laporan dari China

Foto: Gerbang Surga di China

Selasa, 22 Jan 2019 22:50 WIB

Nama Pegunungan Tai mungkin agak janggal di telinga orang Indonesia. Namun pegunungan ini dipercaya jadi gerbang surga untuk berdoa kepada dewa langit.