Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Feb 2019 08:20 WIB

TRAVEL-TIPS

6 Cara Atasi Jet Lag Bagi Traveler Pebisnis

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: Ilustrasi (Shutterstock)
Foto: Ilustrasi (Shutterstock)
Jakarta - Traveler pebisnis, terbang naik pesawat kesana kemari untuk urusan kerja. Jet lag menjadi risiko, kecuali Anda tahu tips mengatasinya.

Melansir CNN Business, Senin (4/2/2019), pelancong bisnis yang melintasi zona waktu sering kali merasakan hidup yang menguras tenaga. Para profesional penjelajah dunia seringkali tidak punya waktu sehari penuh untuk menyesuaikan diri sebelum berangkat kerja kembali.

Jet lag menjadi kondisi yang sering mereka hadapi saat traveling. Berikut ini 6 cara mudah mengatasi jet lag bagi pebisnis:

1. Rencanakan tidur

Jika bisa, bangun dan tidurlah lebih awal beberapa hari sebelum melakukan perjalanan ke timur atau barat. Ini untuk mengatasi perubahan waktu, kata Natalie D Dautovich, PhD, pakar lingkungan di National Sleep Foundation dan asisten profesor psikologi di Virginia Commonwealth University.

2. Tetapkan zona waktu Anda

Untuk perjalanan singkat, pertimbangkan untuk tetap pada jadwal tidur di rumah. Untuk perjalanan yang berlangsung tiga hari atau lebih, setel jam tangan, komputer, tablet atau elektronik lainnya ke waktu tujuan yang akan berfungsi sebagai isyarat kuat akan adanya perubahan waktu.

3. Carilah sinar matahari

Perjalanan panjang sangat melelahkan. Cara terbaik untuk mengatur ulang waktu tidur adalah dengan tiba di tujuan sekitar jam tidur. Dengan cara ini, tidak peduli jam berapa sekarang di mana Anda berada, maka sudah pasti itulah jam tidur di mana Anda berada.

Kalau naik pesawat, cobalah untuk tiba di sore hari dan tetap terjaga sampai pukul 22.00 malam waktu setempat. Di siang hari, cahaya bisa membantu menyesuaikan jam tubuh. Untuk perjalanan ke timur, cari cahaya terang di pagi hari dan hindari cahaya terang di malam hari. Saat Anda pergi ke barat, dapatkan cahaya di malam hari dan hindari cahaya terang di pagi hari.

4. Berolahragalah di pagi hari

Rutinitas olahraga dapat membantu memudahkan transisi tubuh. Jika tubuh berpikir bahwa waktu itu masih tengah malam ketika Anda bangun, latihlah untuk tidak melakukannya.

Lepaskan kelelahan dan lakukan lari pagi di bawah sinar matahari untuk memulai penyesuaian tubuh ke zona waktu yang baru. Hanya saja, jangan berolahraga terlalu siang, yang bisa membuat lebih sulit tidur pada waktu tidur.

5. Hindari minuman ini

Kopi, teh, alkohol dan soda memang bisa membantu Anda tetap terjaga, tetapi juga membuat tubuh dehidrasi dan membuat Anda lebih sulit untuk tidur pada waktunya. Hindari kafein karena akan membuat Anda terlalu lelah dalam jangka waktu panjang dan gantilah dengan air mineral biasa.

6. Berkemas dengan bijak

Efek jet lag menyebabkan pelancong bisnis bangun pukul 02.00 pagi atau 15.00 sore dan harus siap untuk memulai harinya. Hilangkan suara bising dan lampu hotel yang terlalu cerah dengan menyumbat telinga dan menggunakan masker mata yang nyaman sehingga dapat menghindari pagi yang terlalu dini juga tidak diinginkan. (wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED