Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Apr 2019 08:45 WIB

TRAVEL-TIPS

Long Weekend Ini Road Trip di Pulau Jawa, Baca Dulu 7 Tipsnya

Kurnia Yustiana
detikTravel
Ilustrasi (Thinkstock)
Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Libur long weekend asyik juga diisi dengan road trip di Jawa bareng sahabat. Sebelum mulai road trip, simak dulu sejumlah tips berikut ini.

Berbagai destinasi wisata menarik dapat traveler nikmati di Pulau Jawa. Traveling ke sejumlah daerah di sana naik mobil pribadi maupun sewaan bisa jadi pilihan buat liburanyang seru. Tak kalah asyik dari traveling naik pesawat yang tibanya lebih cepat.

Road trip ini tentunya dapat menyisakan memori perjalanan yang begitu terasa bersama sahabat maupun keluarga. Jika pergi beramai-ramai, biayanya juga bisa patungan agar lebih irit. Dirangkum detikTravel, Senin (15/4/2019), berikut ini 7 tips liburan ala road trip di Pulau Jawa:

1. Cek kondisi mobil

Tak ada salahnya mengecek mobil yang akan digunakan untuk road trip ke bengkel langganan untuk dilihat kesiapannya. Penting untuk pengecekan menyeluruh. Sehingga bisa meminimalisir kemungkinan tidak menyenangkan selama perjalanan.

Selain itu bawalah ban cadangan dan sejumlah peralatan servis standar. Contohnya saja untuk mengganti ban, jika tanpa diduga ada ban kempes atau bocor di tengah perjalanan.

2. Bawa gadget andalan

Gadget yang dirasa penting jangan sampai ketinggalan. Mulai dari ponsel, powerbank hingga kamera. Buat yang suka foto-foto, siapkan baterai cadangan pula untuk kamera. Biar tetap lancar mengambil banyak foto dan video.

3. Memilih jalur perjalanan

Banyak pilihan jalur yang bisa traveler lewati. Kalau mau lewat utara, pilihan jalurnya seperti Tol Trans Jawa maupun jalur Pantura. Tol Trans Jawa misalnya, jalan sepanjang 760 km ini disebut mempermudah perjalanan dan menghemat waktu buat traveler yang ingin liburan ke berbagai daerah seperti Semarang hingga Surabaya.

4. Siapkan perlengkapan untuk menghibur selama perjalanan

Road trip identik dengan perjalanan yang jauh dan panjang. Pastikan membawa barang-barang yang seru. Mulai dari gadget, buku, hingga permainan yang bisa dimainkan di dalam mobil. Siapkan daftar musik yang akan menemani selama perjalanan. Pilihlah lagu-lagu yang tepat, yang tidak membuat ngantuk pengemudi.

BACA JUGA: Air Terjun Cantik dekat Tol Trans Jawa Semarang

5. Cari informasi objek wisata yang mudah dicapai

Berbagai provinsi di Pulau Jawa punya aneka objek wisata yang menarik dikunjungi. Carilah terlebih dahulu mana saja objek wisata yang ingin kamu datangi. Agar lebih efisien, kunjungi saja tempat-tempat yang mudah dijangkau. Waktu tempuhnya lebih singkat sehingga makin banyak objek wisata yang sempat dikunjungi.

6. Perhatikan level bensin

Penting untuk memperhatikan level bensin selama road trip. Tentunya tidak lucu jika sampai kehabisan bensin di perjalanan yang masih jauh dari pom bensin. Sebaiknya jangan pernah membiarkan level bensin berada di garis terakhir. Jika sudah tersisa 2 bar, langsung isi kembali sampai penuh.

7. Istirahat yang cukup

Istirahat sangatlah penting, terutama bagi pengemudi mobil. Kalau mengantuk lebih baik berhenti untuk memejamkan mata sejenak, jangan memaksa terus menyetir. Di sepanjang jalan tol sudah banyak pilihan rest area yang nyaman dengan fasilitas toilet, masjid, musala, juga warung-warung makanan. (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED