Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Jul 2019 16:30 WIB

TRAVEL-TIPS

5 Tips Mencegah Hipotermia Saat Naik Gunung

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Ilustrasi gunung (Eka Feriati/dTraveler)
Ilustrasi gunung (Eka Feriati/d'Traveler)

FOKUS BERITA

Naik Gunung Agustusan
Jakarta - Hipotermia adalah risiko kesehatan saat naik gunung. Supaya perjalanan mendaki gunung tetap aman, ini dia tips untuk mencegahnya.

Sebelum mendaki, Anda harus tahu nih cara mencegah terkena hipotermia. Bila tidak mendapat pertolongan, hipotermia dapat membahayakan traveler.

Hipotermia adalah di mana suhu tubuh menurun drastis di bawah normal dan berisiko menurunkan fungsi organ vital. Agar tidak terkena hipotermia, traveler harus selalu

waspada. Dihimpun detikcom dari beberapa sumber, Rabu (24/7/2019), berikut adalah beberapa tips mencegah hipotermia yang harus diketahui sebelum mendaki:

1. Persiapkan segala sesuatu sebelum mendaki

Para pendaki mempersiapkan segala perlengkapan pendakian secara matang.Pelajari risiko-risiko mengenai pendakian gunung, termasuk ramalan cuaca. Dengan begitu, hipotermia dapat dihindari oleh pendaki gunung.

2. Wajib bawa jaket dan sepatu

US National Library of Medicine mengungkapkan bahwa saat mendaki Anda harus menjaga suhu tubuh. Lindungi tubuh dari angin, air atau hujan atau kontak dengan udara dingin. Baju dan sepatu yang tebal dan jaket dengan bahan sintesis yang licin bisa menjadi pilihan Anda.

3.Bawa perlengkapan lain yang menghangatkan tubuh

US National Library of Medicine juga mengatakan bahwa Anda bisa membawa perlengkapan yang dapat menghangatkan tangan, kaki, leher dan wajah. Seperti sarung tangan, kaus kaki tebal, syal, serta sepatu yang tahan air atau boots. Tetapi jangan lupa melepaskan perlengkapan ini saat melakukan pemanasan. Jika memakai pakaian tebal saat

berolahraga dan berkeringat, maka akan membuat Anda semakin dingin.

4. Jangan sampai kehabisan tenaga

Dilansir dari situs Kepramukaan Amerika Serikat, US Scouting Service Project, jangan memforsir tubuh saat mendaki gunung. Keletihan dapat membuat hilangnya panas dan menyebabkan hipotermia. Jika pengalaman hiking terbatas, berjalanlah sesuai dengan kemampuan Anda. Pelajari penggunaan peta dan kompas, teknik menyalakan api dan tetap bersikap tenang ya traveler.

5. Pelajari tentang hipotermia

US Scouting Service Project juga mengingatkan bagian penting untuk mencegah terjadinya hipotermia adalah pelajari penyebabnya, tanda-tanda peringatan, perawatan serta cara mengatasinya. Persiapkan kebutuhan mendaki dengan baik. Jangan sepelekan hal-hal kecil ya traveler. Selamat mendaki!

Simak Video "Cara Menangani Korban Hipotermia yang Tak Sadarkan Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fay)

FOKUS BERITA

Naik Gunung Agustusan
BERITA TERKAIT
BACA JUGA