Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Des 2019 20:30 WIB

TRAVEL-TIPS

Mau Liburan Akhir Tahun, Jangan Lakukan Hal Ini di Bandara

Putu Intan
detikTravel
Ilustrasi traveler di bandara saat musim liburan. (iStock)
Jakarta - Di momen liburan akhir tahun, bandara lazimnya akan dipadati orang-orang yang hendak bepergian. Agar liburan tetap nyaman, hindari hal-hal ini saat kamu di bandara.

1. Jangan datang terlambat ke bandara

Ketika musim liburan tiba, bandara akan lebih ramai dan dipadati ribuan orang yang hendak bepergian. Kondisi ini seringkali menyebabkan antrean panjang di dalam bandara. Nah, untuk menghindari hal tersebut dan risiko ketinggalan pesawat, kamu sebaiknya datang lebih awal. Jangan sampai kamu memaksa petugas keamanan untuk mengizinkanmu menerobos antrean.

2. Jangan menyetir sendiri ke bandara

Antrean penumpang tak cuma terjadi di dalam bandara tetapi juga di area parkir bandara. Lalu lintas bandara yang sibuk selama musim liburan akan membuang waktumu jika kamu menyetir mobil sendirian.

Orang-orang biasanya akan berebut tempat parkir yang tersisa dan biaya parkir juga akan menjadi mahal. Lebih baik mintalah bantuan orang lain untuk mengantarkanmu ke bandara atau gunakan layanan transportasi lainnya.


3. Jangan bepergian dengan bungkusan hadiah atau oleh-oleh berlebihan

Meskipun membawa hadiah atau oleh-oleh diperbolehkan, sejumlah bandara memiliki larangan tertentu seperti lebih baik barang dibawa menggunakan tas daripada dibungkus.

Jika bingkisan yang kamu bawa mencurigakan, petugas keamanan akan memeriksa bingkisan itu dan membukanya. Proses ini tentu akan memperlambat jalur pemeriksaan. Opsi lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengirimkan bingkisan itu ke destinasi tujuanmu.

4. Jangan bepergian dengan makanan liburan yang berlebihan

Makanan yang dibawa ke dalam pesawat biasanya memerlukan pemeriksaan tambahan dan bisa memperlambat antrean. Makanan basah seperti daging biasanya akan berpotensi ditarik keluar antrean untuk dilakukan inspeksi.

Selain itu, sebaiknya kamu mempertimbangkan aturan cairan 3-1-1 ketika berkemas. Aturan yang ditetapkan Amerika Serikay ini hanya mengizinkan setiap penumpang membawa cairan dengan volume maksimal 3,4 ons atau sekitar 90 mililiter. Cairan ini hanya boleh ditempatkan dalam satu botol saja.

Di Indonesia juga ada aturan serupa dimana penumpang hanya diperbolehkan membawa cairan maksimal 100 mililiter ke dalam pesawat.

Untuk menghindari serangkaian pemeriksaan yang akan menyulitkanmu, lebih baik kamu membeli makanan untuk liburan di tempat tujuanmu.

Musim Liburan, Jangan Lakukan Hal ini di BandaraIlustrasi kepadatan bandara saat liburan akhir tahun. (Foto: iStock)

5. Jangan mengakali keamanan

Petugas keamanan punya kewajiban untuk melakukan pekerjaan mereka yaitu melakukan pemeriksaan pada penumpang dan barang bawaannya. Jangan mencoba mengakali mereka dengan sengaja melanggar batasan atau berharap mereka tidak akan menemukan botol wine-mu. Kamu hanya akan membuat tasmu ditarik ke samping dan memperlambat antrean.

Selain itu, bersiaplah untuk mengeluarkan cairan dan barang elektronik dari barang bawaanmu dan lepaskan sepatu serta mantel musim dingin yang besar ketika kamu sedang menunggu giliran untuk mempercepat proses pemeriksaannya.


6. Jangan emosi

Berada dalam antrean panjang memang melelahkan namun kamu harus tetap bersabar. Tindakan seperti mencoba menyerobot antrean justru akan memperburuk kondisi tersebut.

Jangan tersulut emosi hingga marah pada petugas bandara. Jika tasmu ditarik keluar untuk inspeksi, jangan bertindak tidak sopan karena mereka hanya melakukan pekerjaan mereka untuk menjaga penumpang tetap aman.

7. Jangan bertengkar dengan keluarga di bandara

Bandara yang padat biasanya akan menyulut emosi, terutama bagi kalian yang bepergian dengan keluarga. Namun hal ini tidak berarti kamu harus bertengkar dengan sesama anggota keluarga di waktu dan tempat yang tidak tepat.

8. Jangan terpisah dari keluarga

Kondisi bandara yang ramai berpotensi membuat anggota keluarga terpisah, terutama untuk anak-anak kecil. Penting bagi keluarga untuk tetap bersama dan jangan sampai kamu berjalan sendirian. Hal ini akan mempermudah kalian semua menuju gate keberangkatan tepat waktu.

Musim Liburan, Jangan Lakukan Hal ini di BandaraIlustrasi di bandara saat jalan-jalan liburan. (Foto: iStock)

9. Jangan mabuk sebelum boarding

Mabuk sebelum naik ke pesawat akan menghambatmu menghadapi situasi bandara yang ramai dan bisa menyebabkanmu ketinggalan penerbangan. Skenario terburuknya, kamu tidak diizinkan untuk ikut penerbangan.


10. Jangan lupa untuk mengecek jadwal keberangkatan

Pada masa liburan, lonjakan penumpang serta kondisi cuaca yang berubah-ubah memungkinkan terjadinya berbagai perubahan jadwal penerbangan. Jadwal ini bisa jadi terlambat atau dibatalkan.

Hal yang umum terjadi adalah perubahan gate. Oleh sebab itu jangan lupa untuk mengecek kembali jadwal keberangkatan serta gate mana yang harus kamu tuju. Jangan hanya duduk dan berharap semua berjalan sesuai rencana karena kamu bisa saja ketinggalan pesawat.

11. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi maskapai penerbangan

Banyak maskapai yang kini punya aplikasi yang akan memberikan informasi terbaru secara langsung melalui ponselmu. Berbagai pemberitahuan seperti penerbangan yang dibatalkan sampai perubahan gate akan membantumu agar tak tertinggal informasi.

Aplikasi juga bisa membantumu melakukan check in melalui ponsel. Ini akan menghemat waktu mengantre pada konter check-in

12. Jangan menyela antrean

Larangan terakhir, ketika sudah waktunya untuk memasuki pesawat, tetaplah sopan dan sabar menunggu antrean masuk. Jangan coba-coba untuk menyela barisan. Ada cukup ruang yang akan menampung semua penumpang, jadi bersabarlah menunggu giliranmu.

Bila kamu mengikuti antrean dengan baik, proses masuk ke dalam pesawat akan berjalan lebih lancar dan cepat. Dengan demikian, kamu bisa segera menikmati liburan yang menyenangkan.




Simak Video "Pesawat Trigana Miring saat Landing di Wamena, Sayap Kena Runway"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA