Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Des 2019 20:00 WIB

TRAVEL-TIPS

Liburan Akhir Tahun, Jangan Sembarangan Pakai Wi-Fi Gratisan

Kris Fathoni W
detikTravel
Ilustrasi liburan akhir tahun. (Foto: shutterstock)
Jakarta - Dalam agenda jalan-jalan zaman now, khususnya dalam liburan akhir tahun, keinginan agar tetap eksis memang tak salah. Tapi saat terhubung ke internet, untuk posting foto-foto ke medsos atau lainnya, sebaiknya tetap waspada jika pakai akses Wi-Fi gratisan.

Keinginan untuk posting konten, baik itu foto maupun video, kadangkala terkendala oleh perkara kuota data. Kehadiran Wi-Fi gratisan alias spot Wi-Fi publik pun lazim disambut traveler dengan sukacita. Padahal mesti tetap tahu bahwa fasilitas itu ada risikonya.

Seperti dilansir USAToday, spot Wi-Fi publik ini secara umum memiliki risiko tersendiri. Dengan membuka "gerbang" pada perangkat untuk mengakses internet melaluinya, terbuka pula potensi hal-hal jahat (malicious) untuk masuk lalu mengakses data dan informasi pribadi.


"Dan kamu mungkin saja menduga sedang masuk ke jaringan resmi seperti 'Wi-Fi Bandara Miami', padahal nyatanya itu merupakan jaringan palsu (rogue) yang dibuat oleh orang lain yang lokasinya berdekatan, dan ingin mendulang akses informasi traveler."

"Selain itu, penyedia Wi-Fi gratisan juga bisa (dan seringnya) mengoleksi dan menjual data mengenai kebiasaan-kebiasan dirimu dalam melakukan browsing," sebut USAToday.

Traveler terkadang juga merasa lebih aman ketika mendapati bahwa Wi-Fi gratisan yang diaksesnya itu memiliki password. Padahal, sebut USAToday, spot Wi-Fi publik yang dilengkapi dengan password pun tak selalu lebih aman. Faktanya, kata sandi itu pun dalam banyak kesempatan biasa diberikan penyedia jaringan ke pengguna dengan cara yang relatif tidak sulit. Maka, jangan terlalu yakin dengan spot Wi-Fi yang dilengkapi password.


Lalu gimana dong? Nah, traveler sebenarnya memang lebih baik tetap menggunakan koneksi selular dari smartphone sendiri, atau membawa perangkat mobile Wi-Fi sendiri (yang notabene bisa digunakan beramai-ramai).

Jika pun traveler terpaksa menggunakan akses spot Wi-Fi publik saat liburan akhir tahun, paling tidak ada tiga hal yang sebaiknya jadi perhatian:

1. Gunakan Virtual Private Network (VPN) yang kredibel dan dapat dipercaya, demi melindungi potensi ancaman dari luar.
2. Usahakan jangan memasukkan data-data pribadi, seperti password dan user name, ketika menggunakan Wi-Fi gratisan.
3. Usahakan jangan melakukan transaksi finansial ketika smartphone atau perangkatmu sedang terhubung ke spot Wi-Fi publik.




Simak Video "Keren! RW di Purwakarta Ini Sediakan Wi-Fi Gratis untuk Siswa"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA