Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Jan 2020 22:15 WIB

TRAVEL-TIPS

Belajar Jadi Turis Cool di Jepang Lewat Aksi Ninja dan Geisha

Kris Fathoni W
detikTravel
Geisha
Tips jadi turis cool di Jepang. (Foto: screenshot YouTube)
Jakarta -

Mau liburan ke Jepang? Ada baiknya belajar dulu untuk jadi turis yang cool di Negeri Sakura lewat rangkaian video anjuran yang unik dari para ninja dan geisha ini.

Seperti dilansir dari NHK-World dan SoraNews24, video-video tersebut digarap langsung oleh Japan Tourism Agency. Ada samurai, ninja, dan geisha yang jadi lakon dalam video tersebut. Unik dan ringan, tapi tetap informatif dan edukatif.

Total ada 10 video yang sudah dirilis, mulai dari tatacara mengambil foto, mandi bareng, naik kereta, dan lainnya. Isinya, tentu saja, agar yang datang ke Jepang bisa menjadi turis yang baik -- atau dalam bahasa video itu: turis "cool".

Mari kita simak satu per satu videonya. Yang pertama adalah soal tatacara foto-foto, mulai dari penggunaan tongsis dan sesi foto ramai-ramai, agar tidak sampai mengganggu orang lain:

[Gambas:Youtube]

Video berikutnya masih soal foto-foto. Kali ini adalah anjuran agar turis tidak sembarangan jeprat-jepret dan sebaiknya minta izin dulu sebelum mengambil foto -- terutama yang berisikan sosok orang lain.

[Gambas:Youtube]

Saat berjalan kaki, tetap waspada. Perhatikan garis aman dan batasi penggunaan smartphone karena bisa saja nabrak orang lain. Simak anjuran seputar itu di bawah ini:

[Gambas:Youtube]

Video berikutnya adalah mengenai perilaku saat naik transportasi publik mulai dari tatacara naik dan turun kereta, membawa tas ransel yang baik, dan datang lebih dini agar tak ketinggalan kereta.

[Gambas:Youtube]

Juga ada tatacara agar jadi turis cool di Jepang ketika menyambangi gedung, bangunan kuno, atau kuil. Jangan sembarangan pegang-pegang apalagi sampai mengusik orang lokal yang hendak ibadah!

[Gambas:Youtube]

Yang berikutnya adalah soal kebiasaan orang Jepang di pemandian umum. Buat kamu yang mau menjajal, ada pula tatacara yang mesti diikuti seperti menyiram air guna membersihkan diri lebih dulu sebelum masuk ke kolam, sampai perilaku positif di hotel.

[Gambas:Youtube]

Setelah itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan di restoran Jepang. Salah satunya adalah jangan sekali-kali menyelak antrean. Bahkan jika pun temanmu sudah ada di baris depan saat kamu datang menyusul, kalian disarankan mundur ke belakang.

[Gambas:Youtube]

Oya, disarankan pula jangan membawa makanan dan minuman dari luar ketika berada di kedai makan Jepang.

[Gambas:Youtube]

Jepang adalah negara yang rapi, disiplin, dan menjaga kebersihan. Maka merokoklah di tempat yang sudah ditentukan saja, jangan memasukkan apa-apa ke WC toilet terkecuali tisu yang disediakan, dan buanglah sampah di tempatnya.

[Gambas:Youtube]

Tempat-tempat umum di Jepang, seperti kereta dan gedung, biasanya ada area dilarang memakai telepon seluler. Jadi ada baiknya menelepon saat sudah keluar dari kereta atau gedung. Bahkan, disarankan tak ngobrol kencang-kencang dengan orang lain di kereta.

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Kawasaki Ninja ZX-25R Meluncur ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA