Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Feb 2020 19:14 WIB

TRAVEL-TIPS

Mau Naik Kereta Jalur Terpanjang Dunia di Siberia? Ini 8 Tipsnya

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Trans Siberia
Foto: (Dania Wie)
Moskwa -

Siapa mau naik Trans Siberia? Perjalanan panjang yang menyenangkan ini pasti diinginkan oleh banyak traveler. Ketahui yuk tips-tips naik kereta Trans Siberia.

Traveler bernama Dania Wie, beberapa waktu lalu menceritakan perjalanannya saat naik kereta Trans Siberia. Perjalanan panjangnya memakan waktu hingga 8 hari.

Trans Siberia, yang merupakan jalur kereta terpanjang di dunia pastinya memakan waktu sangat lama di dalam perjalanan. Bagaimana caranya agar perjalanan terasa menyenangkan dan tidak membosankan? Berikut tips-tips yang diberikan Dania.

1. Sedia bahan hiburan

Mungkin di awal perjalanan traveler akan menikmati pemandangan yang dilewati. Namun jika sudah berhari-hari, tidak menutup kemungkinan jika traveler akan merasa bosan.

Nah untuk mengatasi hal ini, sebelum berangkat sebaiknya traveler sediakan bahan-bahan hiburan seperti buku bacaan, game atau film. Selain itu pergi bersama orang tersayang juga bisa jadi pilihan, karena traveler akan menghabiskan waktu bersama sepanjang perjalanan.

2. Bawa stok makanan instan

Makanan instan juga perlu traveler bawa. Tapi hanya makanan yang bisa diseduh, seperti mie, bubur instan atau makanan lainnya.

Fasilitas di Trans Siberia tidak menyediakan microwife, hanya air super panas. Traveler juga bisa bawa stok makanan dari rumah misalnya sambal, abon, dan sebagainya.

3. Bawa body wipes yang banyak & sedia stok tisu.

Tisu dan body wipes juga jadi hal yang tak boleh ketinggalan. Di sana tersedia tisu toilet, tapi tentu tidak akan cukup, apalagi kalau situasi di kereta ramai Pada tengah malam juga terkadang tissu toilet tidak direfill.

Apalagi jika traveler naik trans siberian saat musim salju, seperti Dania. Kemungkinan selama perjalanan traveler tidak akan mandi karena cuaca yang sangat dingin. Jadi body wipes itu wajib dibawa!

4. Bawa uang cash

Selalu sedia cash ya traveler, karena di sana tidak bisa pakai kartu di situasi tertentu. Perjalanan ini melewati beberapa provinsi hingga ke Laut Jepang, jadi signalnya tak terlalu tersedia

Dania bercerita, saat dia ingin membayar makanan di gerbong restoran, lalu pegawai kereta mengatakan, "no city no card". Maksudnya, jika sedang berada di hutan antah berantah yang jauh dari kota, maka tidak ada signal dan tak bisa pakai kartu.

5. Bawa Pakaian yang Nyaman

Kalau traveler naik Trans Siberia saat musim dingin/salju, selalu sedia pakaian yang nyaman. Situasi di luar memang sangat dingin. Namun keadaan dalam kereta sangat hangat.

Jadi mungkin traveler bisa pakaian senyaman mungkin. Kalau traveler yang suka pakai kaos bisa menggunakannya selama perjalanan.

6. Bawa adaptor yang banyak portnya karena plugnya terbatas.

Salah satu hal penting yang mungkin terlupakan adalah adaptor. Traveler bisa bawa adaptor yang punya plug banyak.

Plug yang tersedia di kereta terbatas. Untuk kenyamanan, sebaiknya traveler bawa adaptor atau bisa juga bawa power bank.

7. Sedia tas kecil

Saat situasi gerbong ramai, gunakan tas kecil yang nyaman untuk bawa barang-barang berharga. Apalagi kalau traveler ke toilet atau meninggalkan kursi.

8. Make a lot of Research Before the Trip

Sebelum berangkat, sebaiknya traveler cari dulu informasi-informasi mengenai perjalanan. Persiapkan dengan matang sehingga perjalanan akan menyenangkan

"Jangan takut untuk mencoba. Rusia nyaman dan ramah kok," kata Dania.



Simak Video "Raffi-Gigi Bikin 'RANS Carnival' Biar Netizen Nggak Kurang Piknik"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT