Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Mei 2020 12:12 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Merapikan Foto Traveling dalam 4 Langkah

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Subjects of school concept.
Ilustrasi menyimpan foto di HD, cloud dan komputer (Foto: iStock)
Jakarta -

Liburan pasti identik dengan foto-foto. Jangan biarkan banyaknya momen yang diabadikan dengan foto terserak di luar folder begitu saja.

Pengolah foto pribadi, Lisa Griffis, yang juga anggota Association of Personal Photo Organizers berbagi cara merapikan foto-foto ini. Sebelum Anda melakukan traveling selanjutnya, kata dia, ada baiknya merapikan foto-foto perjalanan sebelumnya.

Meski memiliki begitu banyak foto, ia dapat dengan cepat mengakses secara detil foto yang dicari. Inilah tips merapikan kenangan perjalanan Anda, sebagaimana diberitakan Lonely Planet:

1. Siapkan cadangan

Sebelum melihat-lihat dan mengolah di komputer, simpan semua file ke hard drive (HD) eksternal. Itu untuk menghindari terhapus secara tidak sengaja.

Ukuran hard drive yang Anda butuhkan tergantung pada seberapa banyak data yang dibutuhkan untuk membuat cadangan. Pertimbangkan penyimpanan di HD internal komputer serta cloud. Cadangkan pula file foto di ponsel cerdas bila diperlukan.

Setelah memliki HD yang besarnya sudah sesuai kebutuhan, Anda dapat mengotomatiskan cadangan menggunakan sistem operasi komputer. Gunakan layanan pihak ketiga atau perangkat lunak lainnya.

2. Mulai menyortir foto ke dalam satu folder

Mulailah memilah foto yang ada di smartphone hingga cloud dan menempatkannya di tanki penampungan. Lalu buat folder untuk menampung foto sampah dari semua perangkat.

Gunakan aplikasi bawaan smartphone untuk mengidentifikasi pengelompokan seperti bulan, acara, atau koleksi. Setelah dikelompokkan di folder, tinjau gambar dengan cepat dan singkirkan yang tak termasuk dalam momennya dan beri nama folder itu.

3. Ganti nama foto

Sama seperti sebelumnya, amat penting untuk menambahkan informasi terperinci di masing-masing foto. Bagaimanapun, kisah di balik gambar sama pentingnya dengan gambar itu sendiri.

Misal, namailah foto-foto traveling dengan nama tempat dan jenis kegiatannya. Jika rumit mengganti nama foto satu per satu, unduhlah Adobe Bridge, aplikasi gratis untuk membantu mengelola dan mengatur foto atu file lainnya, mengganti beberapa file dalam satu nama juga memproses kegiatan lainnya.

Jika Anda melakukan penamaan file secara manual, pastikan untuk menyimpan salinan gambar terbaik Anda di folder terpisah berlabel 'Favorit'.

4. Terapkan strategi pengarsipan 3-2-1

Setelah memiliki file yang berurutan, lalu buatlah jadwal pencadangan yang sering menggunakan metode 3-2-1.

3 adalah singkatan dari tiga salinan file yang disimpan di tiga tempat berbeda. 2 berarti dua salinan data harus berada di dua tempat terpisah, seperti komputer dan hard drive, atau pada dua hard drive jika file terlalu besar untuk komputer.

1 menunjukkan satu set data harus ada di lokasi yang terpisah jika terjadi bencana alam, seperti kebakaran, banjir atau pencurian yang tidak terduga.

Griffis menggunakan layanan pencadangan berbasis cloud, yakni Backblaze untuk mencadangkan file di komputernya dan hard drive yang terpasang sekali sehari. Dalam hal pengarsipan foto, Dropbox, Google Foto, Foto Prime Amazon, Apple iCloud dan Flickr bisa Anda gunakan.



Simak Video "Celebrity on Vacation: Main Kano di Pantai Cacalan Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT