Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 12 Okt 2020 20:04 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Masuk Hutan ala Regina Safri, Jangan Motek-motekin Tanaman

Putu Intan
detikTravel
Ilustrasi berkemah
Ilustrasi berkemah di hutan. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Wisata ke hutan dapat menjadi salah satu alternatif liburan yang menyenangkan. Agar petualanganmu tetap aman perhatikan tips dari Regina Safri berikut ini.

Fotografer alam sekaligus pegiat konservasi, Regina Safri berulang kali keluar-masuk hutan. Ia sudah terbiasa untuk menghadapi alam liar dan satwa-satwa langka khas Indonesia.

Melalui siaran IGLive bersama detikTravel, Sabtu (10/10/2020) Regina Safri mengungkapkan bahwa traveling ke alam itu menyenangkan. Baginya, pengalaman tersebut dapat meningkatkan kemampuan dan kepekaan kita sebagai manusia.

"Aku sarankan, traveling-lah. Dengan kita traveling sendiri, itu menanamkan intuisi dan pikiran kita. Kita akan memaksimalkan panca indra yang kita punya," kata dia.

"Semakin sering traveling, pola pikir kita akan terbuka, dan akan makin cinta dengan negeri kita. Kisa akan semakin mencintai dan bersyukur dengan negara kita,"ujarnya.

Namun saat traveling, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Pertama adalah mencari informasi yang cukup sebelum mulai bepergian. Jika ingin masuk hutan, pergilah bersama rekan yang paham medan.

Selain itu, traveler harus mengurusi izin terlebih dahulu karena tak bisa sembarangan masuk hutan.

"Masuk taman nasional harus izin BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) untuk mendapatkan izin Simaksi (Surat izin masuk kawasan konservasi),"ujarnya.

Selama berada di alam, traveler juga diimbau tidak mengambil dan merusak apapun yang ada di alam ketika traveling.

"Masa alam Indonesia indah begini nggak kita jaga? Attitude juga harus kita jaga. Nggak motek-motekin tanaman, nggak merusak-lah. Bawalah kenangan, jangan mengambil, merusak," katanya.

Kemudian untuk bertahan hidup di hutan, traveler juga harus berhati-hati mengkonsumsi segala sesuatu dari alam. Misalnya traveler harus mengetahui jenis tanaman yang dapat dimakan dan yang tidak dapat dimakan karena beracun.

Selain itu, traveler juga dapat memanfaatkan air di alam bila persediaan minum habis. "Kalau minum pilihlah air yang mengalir, jangan yang menggenang," kata Regina.

[Gambas:Instagram]



(pin/ddn)
BERITA TERKAIT