Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Nov 2020 16:04 WIB

TRAVEL-TIPS

Traveling ke Surga Tersembunyi di Indonesia, Simak Tips Berikut!

Telaga Bintang di Raja Ampat
Telaga Bintang Raja Ampat Foto: Sukma Indah Permana
Jakarta -

Traveling merupakan kegiatan yang disukai oleh hampir semua orang. Ada banyak cara traveling, bisa dengan solo traveling, traveling bersama teman, atau ikut agen travel dari destinasi setempat.

Indonesia dengan sejuta pesona alam mulai dari pegunungan, pantai hingga panorama bawah lautnya membuat traveling menjadi semakin menyenangkan. Belum lagi budayanya yang sangat kaya, sampai kulinernya yang memanjakan lidah, yakin nggak mau menjelajah Indonesia?

Nah, buat traveler yang memiliki rencana liburan #DiIndonesiaAja, mencari surga-surga tersembunyi di seluruh pelosok negeri, berikut tips yang bisa diikuti.

1. Rencanakan Jauh-jauh Hari

Berwisata di aneka destinasi wisata Indonesia tak cukup hanya sehari saja. Rencanakan liburan jauh-jauh hari dan atur berapa lama traveler akan berlibur. Semakin lama waktu yang dimiliki maka akan semakin banyak destinasi yang bisa disambangi.

Merencanakan liburan jauh-jauh hari juga bisa membuatmu memilih tiket pesawat dengan harga terbaik. Apalagi jika destinasi yang traveler tuju merupakan tempat-tempat populer seperti Yogyakarta, Lombok dan Bali yang punya banyak surga-surga tersembunyi. Tiket pesawat menuju destinasi ini pasti akan lebih cepat habis.

2. Sering Cek Promo Perjalanan

Seiring dengan semakin terkenalnya destinasi wisata di Indonesia, biasanya para pegiat wisata daerah setempat akan memberikan banyak promo menarik. Mulai dari potongan harga hingga benefit tambahan untuk para pengunjung.

Bagaimana dengan destinasi yang masih jarang dijamah turis? Nggak masalah, traveler bisa explore budaya atau atraksi yang ada di daerah tersebut. Membaca banyak referensi dari internet atau dari warga lokal juga sangat membantu untuk mendapatkan liburan yang berkualitas.

3. Rasakan Juga Kulinernya

Kalau lagi liburan #DiIndonesiaAja, satu hal yang nggak boleh dilewatkan yaitu mencoba kuliner khas daerah tersebut. Surga tersembunyi bukan hanya soal tempat atau alam yang indah. Bagi sebagian orang, surga tersembunyi juga bisa berarti menemukan kelezatan makanan atau kuliner khas daerah setempat.

Di Yogyakarta, misalnya, traveler bisa cobain gudeg legendarisnya. Di Bali ada ayam betutu yang lezat tiada tara, di Makassar ada coto Makassar yang segar. Ke Palembang juga nggak akan lengkap kalau belum nyobain pempek khas Palembang yang gurih, asin, asam, pedas, dan pastinya maknyus banget.

4. Pertimbangkan untuk Pilih Agen Perjalanan

Jika traveler baru pertama kali mengunjungi tempat wisata yang akan dituju, dengan menggunakan agen perjalanan mungkin bisa jadi solusi terbaik biar liburan nggak zonk. Biasanya agen perjalanan akan merekomendasikan tempat-tempat terbaik untuk dikunjungi. Surga-surga tersembunyi juga sangat mungkin untuk disambangi karena agen perjalanan biasanya berasal dari warga lokal yang tahu seluk beluk daerah tersebut.

Salah satu tujuan liburan yang direkomendasikan menggunakan agen perjalanan adalah liburan ke surga murni di tanah Papua apalagi kalau bukan Raja Ampat. Gugusan pulau, hingga spot-spot diving-nya wajib dijelajahi. The Nature Conservancy and Conservation International bahkan telah melaporkan 75% spesies terumbu karang dunia ada di Raja Ampat, loh.

5. Jangan Takut Solo Traveling

Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang sangat ramah. Jadi jangan takut untuk ber-solo traveling keliling Indonesia. Bisa jadi, traveler akan mendapatkan banyak teman baru selama perjalanan.

Solo traveling juga sering dikaitkan dengan petualangan sejati. Sikap fleksibel menjadi kunci dari perjalanan ini. Mau ke mana saja, menjelajah permata-permata tersembunyi di pelosok negeri atau mengunjungi kota-kota bersejarah di Indonesia, semua bisa dilakukan dengan santai.

Liburan memang menjadi kebutuhan untuk menenangkan tubuh dan pikiran agar kembali fresh dan siap kembali melakukan aktivitas sehari-hari. Itu dia 5 tips liburan#DiIndonesiaAja yang bisa dijadikan referensi.

Rencanakan liburanmu, dan tetap patuhi protokol kesehatan cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan environmental sustainability (kelestarian lingkungan) atau biasa disebut CHSE di destinasi wisata, ya!



Simak Video "Liburan Seru Ke Bintan"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA