Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 21 Apr 2022 23:06 WIB

TRAVEL-TIPS

Akhirnya Mudik Juga, Ini 5 Tips Mudik Sambil Liburan, Biar Nggak Zonk!

bonauli
detikTravel
Ilustrasi traveling
Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/Peera_Sathawirawong)
Jakarta -

Setelah 2 tahun, akhirnya mudik kembali diperbolehkan.Mudik sambil liburan, bisa banget!

Tradisi pulang kampung sudah jadi tradisi setiap Hari Raya Lebaran. Ada yang mudik bersama keluarga, ada pula yang sendirian dari perantauan.

Buat yang baru pertama kali mudik atau mungkin sudah enggak sabar untuk mudik, detikTravel merangkum beberapa tips pulang kampung untukmu.

1. Cek dan bandingkan harga tiket

Traveler yang pulang kampung antar pulau pasti lebih suka menggunakan transportasi cepat seperti pesawat untuk pulang kampung. Menjelang hari lebaran, harga tiket dipastikan naik dan cepat habis.

Ada baiknya traveler cek dan bandingkan harga antar maskapai sebelumnya. Pastikan juga fasilitas gratis seperti bagasi yang tidak dimiliki oleh semua maskapai. Oiya, katanya harga tiket lebih murah di hari Selasa dan Rabu, lho!

Begitu pula traveler yang mau naik kereta api, bus atau shuttle. Cek harga dan pastikan waktu tiba sesuai dengan keinginanmu.

2. Alokasi budget

Mudik tak hanya diisi dengan bertemu sanak keluarga, tapi juga wisata. Alokasikan budget, sehingga kamu siap saat tiba di sana. Misalnya uang makan, tiket masuk, uang bensin sampai uang jajan.

Pastikan membawa uang cash, untuk antisipasi rusaknya ATM dan keperluan mendadak.

3. Tempat wisata

Tiap daerah memiliki ikon wisata sendiri. Mumpung pulang kampung, cobalah eksplor daerah sekitar sana. Namun supaya tidak zonk, cobalah untuk mencari informasi atas obyek wisata tersebut.

Misalnya harga tiket masuk terkini atau jadwal buka yang mengalami perubahan. Sehingga kamu tau butuh berapa lama waktu yang dihabiskan di sana.

4. Obat-obatan

Nah, yang satu ini penting tapi sering kelupaan. Obat-obatan jadi salah satu barang penting, apalagi untuk kamu yang mudik via jalur darat. Kereta api, bus atau mobil pribadi sering membuat penumpang mabuk.

Siapkanlah beberapa obat anti mabuk, obat masuk angin, obat sakit kepala dan sakit perut. Sehingga kamu bisa mudik dengan aman.

5. Rest area

Traveler yang mudik dengan mobil pribadi pasti sering lelah dan ngantuk. Ngantuk jangan dilawan, tapi cobalah cari rest area terdekat untuk beristirahat.

Untuk kamu yang melewati tol Trans Jawa, rasanya mampir ke rest area akan sangat menyenangkan. Karena sekarang rest area sekarang sangat nyaman. Kamu bisa kulineran sekaligus foto-foto.

detikTravel sendiri punya liputan khusus terkait rest area unik dan cantik di tol Trans Jawa. Cek artikelnya di detikTravel, ya!



Simak Video "Malam-malam, Jalur Arteri Karawang Padat Pemudik"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA