Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 21 Mei 2022 18:41 WIB

TRAVEL-TIPS

Cek!! Tips Berlibur ke Luar Negeri Dengan Bujet Terjangkau

Yasmin Nurfadila
detikTravel
tur grup
Ilustrasi berlibur bersama grup tur. Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Berlibur ke luar negeri masih menjadi keinginan banyak orang. Namun, diperlukan persiapan yang cukup matang untuk melakukan hal ini. Terutama bagi travelers yang baru pertama kali menjelajah ke luar Indonesia.

Selain persiapan, biaya yang cukup mahal juga menjadi salah satu pertimbangan banyak orang untuk menunda bahkan memupus keinginan mereka. Untuk bepergian ke luar negeri, setidaknya diperlukan biaya untuk mengurusi perizinan mulai dari paspor hingga visa, biaya perjalanan, akomodasi dan transportasi di lokasi tujuan, hingga biaya sehari-hari. Belum lagi untuk musim-musim tertentu diperlukan persiapan pakaian khusus.

Namun ternyata, ada cara untuk mempermudah persiapan dan menurunkan biayanya, yaitu dengan mengikuti tur bersama grup. Berlibur mengikuti paket wisata atau tur bersama grup merupakan hal yang sudah ada sejak lama dan umum dilakukan. Namun, tahukah travelers kalau keuntungan mengikuti tur jenis ini ternyata banyak juga, lho!

Keuntungan yang pertama tentu dari segi biaya. Dengan mengikuti tur, biaya-biaya yang perlu dikeluarkan dibagi secara merata sesuai jumlah peserta tur, contohnya untuk biaya transportasi di tempat tujuan. Selain itu, untuk biaya hotel dan tiket masuk wisata juga menjadi lebih murah karena akan mendapat biaya khusus untuk grup.

Tidak hanya itu, jika travelers bepergian sendiri, diperlukan biaya transportasi yang cukup besar untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Berbeda halnya dengan mengikuti tur, akan ada kendaraan yang standby selama masa kunjungan. Sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk transportasi.

Keuntungan yang kedua yaitu kepastian perjalanan. Dengan mengikuti tur, akan ada tour leader yang menemani. Sehingga perjalanan akan jauh lebih mudah karena pihak tur sudah mengenal wilayah dengan baik. Kemungkinan untuk tersesat dan menghabiskan waktu untuk mencari rute akan sangat kecil.

Tidak hanya itu, peserta juga bisa mendapatkan informasi lebih lengkap karena ditemani oleh tour guide. Kemudian dengan jadwal yang terencana, waktu berlibur dapat dimanfaatkan dengan baik.

"Tapi kalau mau lebih hemat, lebih terarah, lebih teratur, tidak mau cape, ada yg mengatur, ada tour leader yang nemenin, tour guide yang bisa kasih penjelasan, ikut tur pilihan paling oke," ujar Eron Christian, Manager Product and Pricing dari AntaVaya, dalam perbincangan dengan detikTravel pada Jumat (20/5/2022).

Namun, di balik banyaknya keunggulan, terdapat satu kekurangan jika travelers mengikuti tur.

"Untuk traveling, antara ikut tur sama enggak ikut tur, pasti lebih murah yang ikut tur. Cuma kekurangannya satu, kalo ikut tur itu waktunya dibatasi," kata Eron.

Dengan banyaknya kegiatan yang sudah terjadwal, maka waktu travelers untuk menikmati setiap destinasi wisata menjadi sangat terbatas. Namun, hal ini juga yang menjadikan berlibur bersama grup tur dapat meng-cover lebih banyak destinasi.

Keunggulan dan kekurangan dari berlibur bersama grup tur sudah disebutkan. Travelers bisa menentukan pilihan yang paling sesuai. Berlibur dengan lebih murah dan terarah bersama grup tur, atau berwisata sendiri demi waktu yang lebih leluasa, namun dengan harga yang berbeda.



Simak Video "Yang Perlu Traveller Perhatikan Sebelum Berkunjung ke Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA