Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 13 Jun 2022 08:46 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Saat Pilih Traveling Walking Tour

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Mercure Hotel saat walking tour Old Batavia bersama Timegap
Walking tour rute Old Batavia. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Walking tour kini menjadi salah satu cara berwisata yang banyak dipilih masyarakat. Ini tips yang perlu diperhatikan agar walking tour terasa asyik.

Mengusung konsep wisata jalan kaki menyusuri berbagai destinasi, walking tour menjadi pilihan berwisata yang tepat untuk dilakukan, terutama selama masa pandemi. Selain karena harganya yang cenderung terjangkau, wisata jalan kaki ini juga bermanfaat bagi kesehatan.

Bagi travelers yang ingin mencoba mengikuti walking tour, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan:

1. Rute walking tour

Terdapat banyak operator penyelenggara walking tour yang menawarkan berbagai rute dan destinasi. Carilah rute walking tour yang sesuai dengan destinasi yang diinginkan serta bujet yang disiapkan. Selain itu, pilihlah rute yang sesuai dengan kemampuan berjalan travelers.

Dengan rute yang beragam, jarak tempuh yang akan dilalui peserta walking tour juga berbeda-beda. Maka dari itu, pilihlah rute yang sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing.

Jadwal walking tour

Perhatikan jadwal pelaksanaan walking tour. Usahakan untuk memilih jadwal yang sesuai dengan hari libur travelers. Karena meskipun perjalanan diestimasikan akan memakan waktu sekitar 2-3 jam, tetapi waktu ini masih dapat berubah tergantung situasi dan kondisi di lapangan.

Bisa saja waktu perjalanan memanjang karena di tengah perjalanan terpotong oleh hujan. Oleh karena itu, pilihlah jadwal yang leluasa untuk diikuti.

Pakaian yang digunakan

Karena akan menyusuri kawasan wisata dengan berjalan, gunakan pakaian yang nyaman. Sesuaikan pakaian dengan cuaca. Disarankan menggunakan pakaian yang praktis dan nyaman agar tidak menyulitkan saat berjalan.

Alas kaki yang digunakan

Perjalanan walking tour umumnya memakan waktu 2-3 jam dengan medan yang tidak selalu mulus. Maka, gunakanlah alas kaki yang nyaman dan aman untuk berjalan.

Suasana saat walking tour dengan rute Chinatown GlodokSuasana saat walking tour dengan rute Chinatown Glodok. Foto: Rengga Sancaya

Payung atau topi

Cuaca saat walking tour kadang tidak bisa diprediksi, sebaiknya sediakan payung atau topi untuk menghalau panas dan hujan. Jika berkenan, persiapkan juga aksesoris berupa kacamata hitam untuk menghalau teriknya matahari.

Air minum

Meski tidak terlalu jauh namun wisata jalan kaki tetap dapat menguras energi. Apalagi jika dilakukan di tengah hari yang terik. Bawalah air minum agar travelers tetap terhidrasi karena berjalan di bawah terik matahari.

Selain itu, dalam rute yang dilalui tidak selalu ada penjual makanan atau minuman, untuk menyiasati hal tersebut, disarankan untuk membawa air minum dari rumah.

Handphone

Jangan lupa untuk mengisi baterai handphone sebelum melakukan perjalanan walking tour. Tidak hanya untuk mendokumentasikan pemandangan dan temuan-temuan menarik selama perjalanan, tetapi juga untuk berkomunikasi dan mencari jalan menuju titik pertemuan awal. Terutama jika titik pertemuan berada di daerah yang belum pernah dikunjungi.

Uang tunai

Di beberapa rute, terutama rute yang melewati kawasan wisata kuliner, travelers akan tergoda oleh beragam sajian yang ditawarkan.

Untuk berjaga-jaga, siapkan saja uang tunai dan uang kecil agar travelers bisa langsung membeli jajanan yang diinginkan. Uang tunai lebih disarankan karena tidak semua lokasi jajanan dalam rute walking tour menyediakan opsi cashless.



Simak Video "Chinatown Glodok Jadi Wisata Walking Tour Paling Favorit"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA