Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 03 Jul 2022 22:29 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Supaya Dapat Upgrade Tiket Pesawat Gratis

Yasmin Nurfadila
detikTravel
beli tiket pesawat
Ilustrasi tiket pesawat. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pada masa liburan sekolah sekaligus libur musim panas, jumlah perjalanan meningkat. Baik perjalanan darat, laut, hingga udara.

Meski banyak bandara yang mengalami kewalahan. Namun perjalanan udara masih menjadi pilihan utama untuk melakukan perjalanan antar negara.

Bagi traveler yang berencana melakukan perjalanan udara. Pakar perjalanan dari Forbes Advisor membagikan beberapa tips supaya traveler dapat kesempatan untuk upgrade tiket pesawat gratis.

Dilansir dari Express UK, terdapat 6 tips yang bisa dicoba untuk mendapat upgrade gratis:

1. Check in lebih awal atau di akhir

Umumnya penumpang pesawat mencoba tiba di bandara di pertengahan waktu. Tidak terlalu awal tapi tetap memiliki waktu yang cukup untuk bersantai.

Tidak banyak yang menyadari bahwa waktu check in ternyata mempengaruhi kesempatan untuk mendapatkan upgrade. Biasanya maskapai bisa memberikan upgrade pada penumpang yang tiba paling awal atau akhir.

Jika kelas ekonomi mengalami kelebihan penumpang. Sedangkan kelas bisnis dan first class masih memiliki kursi kosong. Biasanya kelebihan penumpang ekonomi akan diberi upgrade ke kelas lain.

Penumpang yang berkesempatan mendapat upgrade ini adalah penumpang yang check in pertama atau terakhir. Jika maskapai menyadari kelebihan pemesanan di kelas ekonomi sejak awal. Penumpang yang check in paling awal bisa mendapat kesempatan ini.

Apabila maskapai baru menyadari kelebihan tersebut setelah banyak penumpang melakukan check in. Maka penumpang yang check in di akhir yang akan mendapatkan upgrade.

2. Jadi penumpang yang fleksibel

Jika terjadi kelebihan booking pada suatu penerbangan. Tidak jarang maskapai akan memindahkan beberapa penumpang ke penerbangan lain.

Apabila maskapai mencari sukarelawan yang bersedia dipindahkan ke jadwal penerbangan lain. Cobalah mengajukan diri.

Biasanya maskapai akan memberikan upgrade gratis pada penumpang yang bersedia. Sebagai bentuk apresiasi dan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami.

Namun apabila tidak ditawari upgrade, traveler bisa mencoba untuk menanyakannya sendiri. Dengan alasan sudah bersedia dipindahkan dan mengalami ketidaknyamanan.

Karena jika kelas bisnis dan first class masih memiliki kursi kosong. Biasanya maskapai bersedia untuk memberikan.

3. Bepergian sendiri

Kesempatan untuk mendapat upgrade lebih besar jika traveler bepergian sendiri. Karena selain harga kelas-kelas premium yang lebih mahal. Juga karena jumlah kursi yang terbatas. Sehingga akan sangat jarang bagi maskapai memberikan upgrade pada banyak orang atau sebuah grup.

4. Pilih jadwal penerbangan dengan bijak

Terdapat momen di mana kecil kemungkinannya bagi first class atau kelas bisnis untuk penuh. Misalnya saat masa liburan sekolah atau masa-masa liburan bagi keluarga.

Pada masa-masa seperti ini keluarga pada umumnya tidak akan menghabiskan uangnya untuk berada di first class. Liburan keluarga biasanya lebih banyak menghabiskan uang di akomodasi dan tiket masuk tempat wisata.

Sehingga kecil kemungkinan untuk kelas bisnis dan first class untuk penuh. Selain itu, pada momen seperti ini kelas ekonomi akan dipenuhi oleh keluarga yang berlibur.

Traveler yang bepergian sendiri atau tidak bersama keluarga mungkin saja diminta bertukar kursi. Untuk mengakomodasi keluarga agar mereka duduk berdekatan. Kondisi-kondisi ini membuat kemungkinan untuk mendapat upgrade kelas menjadi lebih besar.

5. Berpakaian dengan layak

Pakaian yang digunakan pada dasarnya tidak menjamin kesempatan untuk upgrade. Namun biasanya penumpang-penumpang kelas premium akan berpakaian dengan layak dan rapi.

Akan lebih besar kesempatan bagi traveler untuk mendapatkan upgrade. Jika pakaian yang digunakan traveler terlihat sesuai dengan penumpang lain di kelas bisnis atau first class.

6. Bertanya dengan sopan

Salah satu taktik terbaik adalah dengan bertanya. Apakah ada kesempatan untuk mendapatkan upgrade.

Selama traveler bertanya dengan sopan dan kondisinya memungkinkan, bisa saja traveler mendapat upgrade dengan mudah.

Terutama jika traveler sebelumnya mengalami ketidaknyamanan. Misalnya traveler mengalami delay, tertinggal pesawat karena kesalahan informasi, atau kehilangan koper. Maskapai akan mempertimbangkan hal-hal ini.

Traveler juga bisa menceritakan kesetiaan traveler pada maskapai tersebut. Misalnya, setiap liburan traveler selalu menggunakan maskapai ini.

Selain itu, jika traveler bepergian untuk momen-momen spesial. Seperti bulan madu atau ulang tahun. Traveler bisa juga jelaskan mengenai hal ini.

Jika memang memungkinkan, maskapai bisa berbaik hati memberikan upgrade. Demi kenyamanan serta sebagai bentuk apresiasi dari maskapai.



Simak Video "Mau Liburan Nyaman Bersama Sang Buah Hati? Ini Tipsnya"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA