Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 26 Jun 2022 23:02 WIB

TRAVEL NEWS

Tips Aman di Hotel, Jangan Asal Pakai Gelas-Remote TV Bungkus Plastik

Tim detikcom
detikTravel
Ilustrasi kamar hotel
Ilustrasi menginap di hotel, jangan sembarangan memakai fasilitas di kamar hotel (Foto: Getty Images/AzmanL)
Jakarta -

Sebuah rahasia menginap di hotel dibocorkan oleh pramugari. Traveler tak boleh sembarang menggunakan fasilitas kamar, termasuk memakai gelas yang disediakan!

Pramugari bernama Kat Kamalani membagikan tips dari pengalaman perjalanannnya di akun Tiktoknya @katkamalani. Merujuk pengalamannya, yang kerap menginap di hotel, dia mengingatkan traveler untuk tidak memakai gelas di kamar. Bukan apa-apa, kita tidak pernah tahu seberapa serius gelas tersebut dibersihkan.

"Pertama-tama, jika saya tidak mendapati mesin pencuci piring di kamar hotel, saya tidak akan pernah menggunakan gelas yang ada di kamar," kata Kamalani.

"Alasannya, kita tidak tahu apakah gelas-gelas itu dibersihkan dengan benar atau hanya dibilas oleh traveler yang menginap terakhir di kamar hotel itu," dia menambahkan.

Hal lain yang perlu diwaspadai akan kebersihannya di kamar hotel adalah remote TV. Kat bilang sering membawa kantong plastik untuk melapisinya saat digunakan.

Bungkus remote TV dengan plastik

Sementara itu seorang mantan pramugara punya kebiasaan unik ketika menginap di hotel, dirinya akan langsung membungkus remote tv dengan plastik. "Saya suka hotel, tetapi tidak peduli seberapa mewahnya itu, saya akan memastikan untuk tidak bersentuhan dengan remote tv," jelas Jarran Duggan-Tierney, kepada The Sun.

Jarrad mengatakan bahwa sebagai awak kabin, dirinya kerap mendengar cerita-cerita yang diutarakan oleh penumpang di pesawat. remote tv menjadi salah satu ceritanya.

"Saya menyalahkan pekerjaan sebagai awak kabin selama bertahun-tahun dan mendengar banyak cerita tentang betapa kesepiannya orang-orang di kamar hotel," kata dia.

Jarrad tidak mengungkapkan secara gamblang, namun yang pasti remote tv jadi benda yang paling sering dipegang oleh tamu hotel.

Philip Tierno, seorang ahli mikrobiologi dan professor klinis mikrobiologi dan patologi di NYU School of Medicine tidak kaget dengan pengakuan mantan pramugara tersebut. remote dipegang oleh banyak orang dan dapat menampung segala macam barang kotor di banyak celahnya.

"Ada rambut manusia, ekskresi tubuh berdasarkan apa yang disentuhnya sebelum menyentuh remote, bagian tubuh serangga yang jadi debu, kosmetik bahkan sisa makanan," dia menjelaskan.

Semua itu bisa berkumpul di remote tv dan tentu saja jadi magnet untuk kuman. Bisa dibilang remote jadi salah satu tempat kuman bersarang di kamar hotel.

Remote tv biasanya diletakkan di atas tempat tidur atau di sudut kamar. Menurut Jarrad, segeralah bungkus remote dengan plastik putih atau reusable bag. Sehingga kamu tetap bisa menggunakannya dengan aman. "Aturan tidak menyentuh remote tv tanpa sarung plastik juga saya terapkan saat liburan bersama keluarga," kata Jarrad.



Simak Video "Ganasnya Si Jago Merah Lahap 40 Kamar Hotel di Gili Trawangan"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA