Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 02 Agu 2022 11:03 WIB

TRAVEL-TIPS

Kenapa Seat Belt Pramugari dan Penumpang Pesawat Berbeda?

Pramugari memperlihatkan cara menggunakan sabuk pengaman.
Pramugari memperlihatkan cara menggunakan sabuk pengaman untuk penumpang pesawat. (Foto: Getty Images/gchutka)
Jakarta -

Meski sama-sama berada di pesawat, sabuk yang melindungi penumpang, pramugari, dan pilot terlihat berbeda bentuknya. Apa penyebabnya ya?

Sabuk pengaman telah dirancang oleh produsen pesawat untuk menahan beban berat karena gaya yang diberikan pada individu selama potensi kecelakaan pesawat atau kecelakaan lainnya.

Kamera Pengawas di Kursi PesawatPenumpang biasanya menggunakan sabuk pengaman di pinggangnya Foto: (CNN Travel)

Menurut Aero Savvy, seperti dilansir dari Simpleflying, Selasa (2/8/2022) sebelum 2009, sabuk pengaman diwajibkan untuk menahan beban statis 9 kg. Namun, pesawat yang diproduksi setelah tahun 2009 harus dilengkapi dengan sabuk pengaman yang dapat menahan beban statis 16kg.

Beberapa pesawat baru juga memiliki airbag yang dipasang di dalam sabuk pengaman. Ini terutama terjadi di kelas bisnis atau kelas satu, di mana ada lebih banyak ruang di antara barisan. Untuk memenuhi persyaratan cedera kepala Administrasi Penerbangan Federal, beberapa maskapai penerbangan telah memilih untuk airbag. Alternatif lain adalah memasang sabuk bahu seperti sabuk pengaman mobil sebagai pengganti airbag.

Sabuk pengaman pinggang untuk penumpang yang telah disetujui oleh pemerintah setelah uji coba dan pengujian lainnya diberi label persetujuan, yang dapat ditemukan pada sabuk pengaman penumpang. Biasanya berisi singkatan dari badan yang menyetujuinya, seperti FAA di Amerika Serikat, CAA di Inggris dan EASA di Uni Eropa.

Pramugari mengenakan sabuk pengaman saat duduk di kursi pesawat.Pramugari mengenakan sabuk pengaman saat duduk di kursi pesawat. Foto: Getty Images/iStockphoto/Creative Credit

Sabuk pengaman untuk pramugari

Peraturan untuk pramugari sama sekali berbeda dengan peraturan untuk penumpang. Alih-alih hanya memiliki sabuk pengaman di pinggang seperti yang biasa kita pakai saat duduk di kursi kabin, pramugari diharuskan memiliki sabuk pengaman empat titik.

Selain itu, harus ada tombol pelepas cepat di sabuk pengaman jika terjadi keadaan darurat, yang memungkinkan pramugari dengan cepat meninggalkan tempat duduknya dan menyelesaikan tugasnya, seperti mengevakuasi penumpang.

Sabuk pengaman pramugari tidak hanya melindungi awak kabin itu sendiri, tetapi juga memastikan keselamatan penumpang, karena beberapa pramugari dapat duduk di seberang penumpang dan sabuk pengaman mencegah pramugari menabrak kursi penumpang jika terjadi insiden saat lepas landas dan mendarat. .


Sabuk pengaman pilot

Sabuk pengaman pilot bisa dibilang yang paling rumit karena diharuskan memiliki sabuk pengaman lima titik. Selain empat poin yang mereka bagikan dengan pramugari (bahu kiri, bahu kanan, pinggang kiri, pinggang kanan), pilot juga memiliki tali "kapal selam" yang dipasang di antara kedua kaki mereka. Ini untuk menghentikan tubuh pilot agar tidak meluncur ke depan selama kecelakaan, untuk memungkinkan mereka mengemudikan pesawat bahkan dalam kondisi yang buruk.

Tidak semua lima titik harness diperlukan setiap saat - saat lepas landas dan mendarat, pilot diharuskan mengenakan seluruh harness. Namun, selama bagian jelajah penerbangan, sabuk pangkuan dua titik saja sudah cukup.

Jadi kesimpulannya, sabuk pengaman pramugari dan pilot berbeda dengan penumpang karena alasan keamanan. Pramugari memerlukan empat titik sabuk pengaman untuk menahan diri di tempatnya karena kursi mereka sering menghadap ke belakang.

Selain itu, pelepasan cepat yang biasanya terletak di tengah empat titik penting selama evakuasi khususnya. Harness lima titik untuk pilot sangat penting selama kondisi cuaca buruk atau turbulensi, serta selama kecelakaan, karena akan mencegah pilot meluncur turun dari kursi dan akan memungkinkan mereka untuk terus mengemudikan pesawat.



Simak Video "Penerbangan Internasional Bali Dibuka-Kasus Aktif Covid-19 Tembus 100 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA