Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 17 Agu 2022 08:42 WIB

TRAVEL-TIPS

5 Tips Buat Traveler yang Mau Jadi Pilot Drone Profesional

Tim detikcom
detikTravel
Ilustrasi Drone
Foto: Ilustrasi drone (Photo by Diana Măceşanu on Unsplash)
Jakarta -

Skill menerbangkan drone bukan hal baru di dunia traveling. Kamu yang berniat ingin terjun jadi pilot drone profesional, ada baiknya simak 5 tips berikut ini:

Kemampuan menerbangkan drone kini jadi salah satu skill yang harus dimiliki traveler yang berniat untuk berkecimpung di dunia traveling. Pembuatan video dari atas udara akan semakin menambah keindahan hasil dokumentasi kita.

Skill menerbangkan drone kini bahkan melahirkan profesi baru, yaitu Pilot Drone Professional. Kamu yang berminat jadi pilot drone profesional, simak dulu 5 tips dari Terradrone berikut ini:

1. Pelajari banyak jenis drone

Banyaknya kesempatan karir menjadi pilot drone saat ini dikarenakan perkembangan teknologinya drone yang sangat cepat. Drone kini ada dalam berbagai macam jenis dan bentuk untuk menyesuaikan kebutuhannya pula.

Drone perkebunan kini bisa membawa payload pestisida lebih dari 20 liter, drone migas dilengkapi cangkang untuk menghindari benturan, drone pemantauan dapat terbang hingga tiga jam dan masih banyak lagi.

Hal tersebut menjadi kesempatan besar bagi Anda untuk mencoba dan menentukan drone jenis dan di bidang mana yang paling cocok dengan Anda. Dengan mempelajari dan menguasai banyak jenis drone juga membuka peluang Anda lebih besar untuk berkarir di banyak bidang sebagai pilot drone.

2. Berlatih di berbagai area

Menerbangkan drone di area pegunungan dan pinggir pantai pasti memiliki tantangan berbeda. Arah angin dan medan di sekitar lokasi akan membuat Anda menganalisa strategi apa yang paling tepat untuk menerbangkan drone dengan aman.

Perbedaan area pemukiman dan industri juga akan membuat Anda berpikir lebih kritis untuk dapat melakukan mitigasi. Mempelajari manajemen resiko penerbangan drone juga sangat penting dan harus dilakukan selama penerbangan drone.

3. Memiliki sertifikat pilot drone

Setelah belajar, jika Anda ingin masuk ke dunia professional drone sebagai pilot, hal yang paling utama adalah sudah ikut pelatihan dan memiliki sertifikat pilot drone.

Perusahaan atau industri pasti membutuhkan Anda untuk memiliki sertifikat pilot drone komersial yang diterbitkan oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU).

Pelatihan drone akan mengajarkan Anda secara lengkap mengenai peraturan, pengetahuan dasar dan lanjutan mengenai pilot dan pesawat terbang, mitigasi risiko hingga perizinan.

4. Perbanyak relasi sesama pilot Drone

Memiliki relasi dengan ketertarikan yang sama akan memudahkan mendapat karir pilot drone. Apalagi kalau kamu baru mendalami dunia drone, tahapan ini sama pentingnya untuk dilakukan.

Usaha mendapat relasi sesama pilot drone bisa dengan mencari komunitas drone di kotamu. Selain itu, bisa juga dengan mengikuti pelatihan drone, karena nantinya membangun relasi sesama peserta maupun instruktur.

5. Branding kemampuan sebagai pilot drone

Pengetahuan pengoperasian drone dan relasi sudah Anda dapat. Sekarang tinggal tunjukkan keahlian menerbangkan drone sebanyak mungkin kepada banyak orang. Manfaatkan platform-platform untuk Anda bisa sebarkan pengalaman Anda. Hal ini perlu untuk sebagai bagian personal branding yang ingin berkarir pilot drone, sekaligus berlatih.



Simak Video "Israel Tembak Jatuh 3 Drone Hizbullah"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA