Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 13 Okt 2022 11:46 WIB

TRAVEL-TIPS

Siang Ini Hari Tanpa Bayangan di Jogja, Simak 3 Tipsnya!

Tugu Jogja
Foto: Ilustrasi (Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta -

Seluruh kabupaten dan kota di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mengalami hari tanpa bayangan Kamis (13/10) siang ini. Simak 3 tips berikut ya traveler!

1. Tidak Terhalang Pohon

Kepala Stasiun Geofisika Yogyakarta, Setyoajie Prayoedhie, mengatakan cara untuk bisa menikmati hari tanpa bayangan adalah dengan memilih lokasi yang tepat. Salah satunya di area yang jauh dari rerimbunan pohon. Tujuannya untuk menghindari paparan sinar mentari terhalang oleh pohon.

"Biar hasilnya optimal pastikan pancaran sinar matahari tidak tertutup, seperti misalnya tertutup pepohonan," ucapnya.

Menurutnya cara ini berlaku bagi seluruh lokasi. Tak terbatas mau itu di dataran rendah maupun perbukitan. "Tidak masalah kalau di perbukitan atau dataran rendah, yang terpenting sinar matahari tidak terhalangi ya," ujarnya.

2. Atur Koordinat

Selain lokasi yang jauh dari penghalang sinar matahari, untuk bisa mengamati fenomena hari tanpa bayangan secara optimal yaitu dengan memilih titik koordinat yang tepat. Terkait hal ini Setyoajie mencontohkan di wilayah Sleman.

"Jadi memang koordinat yang tepat itu ada, contohnya anda lagi di Sleman, itu kalau lintangnya pas, 7 derajat 42 menit 52 detik ya, itu ada koordinatnya. Terus berikutnya 110 derajat, 21 menit 18,91 bujur timur. Kalau pas di lokasi itu pasti akan mengamati fenomena kulminasi utama terbaik," terangnya.

Untuk bisa melihat langsung bagaimana bayangan itu hilang selama fenomena kulminasi, kita bisa meletakkan benda tegak atau mengamati benda tegak lurus seperti tiang bendera, botol air mineral, tiang net voli atau bulutangkis.

3. Gunakan Kacamata Hitam

Tips berikutnya, yaitu pastikan menggunakan kacamata hitam. Setyoajie mengatakan pengamatan secara langsung tanpa media pengaman seperti kacamata hitam dapat berakibat fatal. Risiko terburuknya yakni kebutaan.

"Ya, jangan sampai melihat matahari secara langsung karena memang bisa mengakibatkan kebutaan. Jadi disarankan menggunakan kacamata hitam, atau media pengamatan lain yang lebih aman," ujarnya


----

Artikel ini telah naik di detikJateng dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Bermodalkan Gunting, Mahasiswi Yogyakarta Melahirkan dan Buang Bayinya"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA