Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 21 Okt 2022 11:31 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Traveling ke Nepal van Java Magelang di Musim Hujan

Eko Susanto
detikTravel
Penampakan Gunung Sumbing dilihat dari kawasan Nepal Van Java, Magelang.
Nepal van Java di Magelang (Foto: Eko Susanto/detikJateng)
Jakarta -

Musim hujan sepertinya datang lebih awal, namun membuat pemandangan dari dataran tinggi jadi begitu cerah bila tidak mendung. Ada tips khusus yang bisa traveler terapkan terutama bila datang ke Nepal van Java di Magelang.

Nepal Van Java yang berada di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, tersebut berada sekitar 1.600 MDPL. Kawasan ini berada di lereng Gunung Sumbing.

Saat cuaca cerah wisatawan bisa melihat keindahan Gunung Sumbing dengan pemandangan di bawahnya berupa perumahan warga Butuh. detikJateng, Kamis (20/10/2022) siang, berkunjung ke Nepal van Java mengendarai sepeda motor jenis matik.

Kondisi jalan menanjak, dan setiba di lokasi cuaca berkabut. Pemandangan perkampungan penduduk sempat tertutup kabut. Berikut ini tips berwisata ke Nepal van Java jika naik kendaraan pribadi.

Nepal van Jwa di lereng Gunung Sumbing, Magelang. Foto diambil Kamis (20/10/2022).Nepal van Java di lereng Gunung Sumbing, Magelang. Foto diambil Kamis (20/10/2022) (Foto: Eko Susanto/detikJateng)

"Yang pertama perlu cek kendaraan benar-benar fit (kuat dan baik) karena jalan yang nanjak," kata Kepala Dusun Butuh, Lilik Setiyawan, kepada detikJateng di rumahnya, Kamis (20/10).

"Terus kalau ke sini memakai jaket. Karena ada beberapa wisatawan ke sini pakai celana pendek dan kaus. Tempat ini di lereng Gunung Sumbing ketinggian 1.600 MDPL, kadang sampai sini kedinginan," lanjutnya.

Namun, dia mengaku sering menjumpai wisatawan yang tidak mengenakan jaket meski cuaca cukup dingin. Sebab, wisatawan itu justru ingin menikmati suasana dingin di tempat itu.

Nepal van Jwa di lereng Gunung Sumbing, Magelang. Foto diambil Kamis (20/10/2022).Nepal van Jwa di lereng Gunung Sumbing, Magelang. Foto diambil Kamis (20/10/2022). Foto: Eko Susanto/detikJateng

Lilik melanjutkan, tiket masuk Nepal van Java sebesar Rp 10 ribu per orang. Wisatawan bisa selfie di gardu pandang top sky view di ketinggian 12 sampai 15 meter tanpa dipungut biaya tambahan.

"Di dekat tiket masuk ada gedung serba guna, di lantas 2 ada galeri terdapat foto-foto dokumenter kegiatan warga sejak tahun 80-an sampai sekarang. Kemudian di atas sendiri ada gardu pandang top sky view, jadi spot favorit kami sudah hampir setahun ini," ujar Lilik.

Bagi wisatawan yang menginginkan keliling di kawasan perkampungan tersedia pula jasa ojek. Para tukang ojek ini akan mengantarkan menuju titik spot selfie yang ada di kawasan Nepal van Java.

"Untuk yang Rp 35 ribu itu keliling dusun, spot foto nanti ditunggui sampai kembali. Terus kalau sekali jalan Rp 15 ribu dari bawah atas. Kemudian dari parkiran sampai basecamp pendakian Gunung Sumbing Rp 10 ribu," kata dia.

Lilik menambahkan, bagi wisatawan yang ingin bermalam di sini juga tersedia homestay. Saat ini ada 10 rumah yang difungsikan sebagai homestay.

"Ada 10 rumah difungsikan sebagai homestay, rata-rata per rumah ada 3 kamar. Per malam berkisar Rp 150 ribu sampai Rp 250 ribu," pungkasnya.

Artikel ini sudah tayang di detikJateng



Simak Video "Menikmati Keindahan Alam di Lereng Gunung Sumbing Magelang"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA