Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 18 Okt 2022 15:42 WIB

TRAVEL NEWS

Peneliti: Stupa Berterawang Cuma Ada di Candi Borobudur

Femi Diah
detikTravel
Stupa Candi Borobudur adalah simbol tempat bersejarah tersebut. Stupa adalah lambang agama Buddha yang berbentuk mangkuk terbalik dan terbuat dari bebatuan.
Stupa Candi Borobudur (Foto: kemdikbud.go.id)
Magelang -

Spesial banget, stupa berterawang hanya terdapat di Candi Borobudur. Tidak ada di tempat lain.

Hudaya menyebut stupa memang ada di berbagai tempat di dunia, tetapi Candi Borobudur memiliki stupa yang spesial. Hanya di Borobudur yang memiliki stupa berterawang.

Ia menyampaikan kesimpulan itu pada Pembekalan Pengetahuan tentang Borobudur bagi Pemandu Wisata Candi Borobudur di Hotel Manohara, Kompleks Candi Borobudur, Senin (17/10/2022).

"Terawang dalam konsep arsitektur India itu ada, tetapi pengertian terawang itu sebagai lubang angin, kalau istilah sekarang jendela itu sudah ada dan sudah diterapkan di berbagai kuil, wihara di India sejak abad V, tetapi tidak pernah ada yang menciptakannya dimasukkan dalam konsep stupa," kata peneliti Candi Borobudur Dr. Hudaya Kandahjaya seperti dikutip dari Antara.

Apalagi, kata dia, ada arca Buddha di dalam stupa berterawang sehingga ada berbagai lompatan, terobosan arsitektur yang tidak dimiliki dunia lain tetapi ada di Candi Borobudur.

"Hal ini menunjukkan bahwa orang Jawa pada abad VIII dan IX sudah memiliki pemahaman atau pengertian seperti itu," katanya.

Menurut dia, arca-arca Buddha di dalam stupa berterawang melambangkan Bhatara Ratnatraya atau Buddha, Dharma, dan Shangha yang diwakili oleh Bhatara Sri Sakyamuni, Bhatara Sri Lokersvara, dan Bhatara Sri Vajrapani.

"Kedudukan mereka dibedakan secara halus melalui terawang berbentuk wajik dan bujur sangkar," kata Hudaya.



Simak Video "Pengunjung Pertama Candi Borobudur Tahun 2023 Disambut Dua Gajah Cantik"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA