Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 15 Okt 2022 20:15 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Umpatan, Ini Makna Nama Candi Asu di Magelang

Eko Susanto
detikTravel
Candi Asu yang berada di Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Rabu (5/10/2022).
Candi Asu. Foto: Eko Susanto/detikJateng
Jakarta -

Selain Candi Borobudur, masih ada sejumlah candi lainnya di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Salah satunya Candi Asu.

Candi Asu terletak di Dusun Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun. Candi ini dikelola oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Tengah sehingga tiket masuknya gratis.

"Di kompleks Candi Sengi ini ada tiga candi yaitu Candi Asu, Pendem dan Lumbung," kata Juru Pelihara Kompleks Candi Sengi.

"Candi Lumbung sebagai tempat untuk peribadatan kalau mau panen pada zaman dahulu. Terus kalau Candi Pendem adalah candi pertimah atau candi bumi waktu mau menggarap sawah atau orang membuat selametan. Candi Asu ini ada beberapa versi," imbuh Jumat.

Menurut Jumat, dulunya ada patung Dewi Nandi yang sudah aus dan kecil. Arca tersebut awalnya dikira berbentuk anjing (asu dalam Bahasa Jawa) oleh warga setempat.

"Terus aso sendiri diambil dari Sansekerta, itu bahasa aswa tempat peristirahatan atau candi untuk ngaso," tutur Jumat. Dia menyebut arca Nandi hilang sekitar tahun 1970-an.

Meski gratis, jumlah pengunjung Candi Asu tidak menentu. Candi Asu juga sering menjadi tempat penelitian. "Di sini gratis. Jarak Candi Asu dengan Candi Lumbung sekitar 300-an. Demikian juga dengan Candi Pendem," ujar Jumat.

Artikel ini sudah tayang di detikJateng.



Simak Video "Pengunjung Pertama Candi Borobudur Tahun 2023 Disambut Dua Gajah Cantik"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA