Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 14 Jan 2023 07:12 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Menghadapi Penerbangan Jarak Jauh dari Pramugari

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi Pramugari
Foto: (iStock)
Jakarta -

Naik pesawat memang menyenangkan, namun penerbangan panjang bisa bikin kelelahan dan membosankan. Pramugari membagikan tips nih untuk kamu yang akan bepergian dengan penerbangan jarak jauh.

Para pramugari membagikan tips untuk traveler yang melakukan perjalanan jarak jauh.

Dirangkum detikcom dari Fodor's, Sabtu (14/1/2023) berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan untuk menghadapi penerbangan jarak jauh:

1. Minumlah air, hindari alkohol

Pramugari menyarankan penumpang untuk minum air putih dan hindarilah minum alkohol saat terbang. Terbang membuat kita dehidrasi lebih dari yang kita sadari, dan saat kita dalam penerbangan (dan bahkan sebelum dan sesudahnya), kita perlu minum lebih banyak air dari biasanya agar tetap terhidrasi.

Yang paling membuat kita dehidrasi adalah kurangnya kelembapan yang menyebabkan kita kehilangan cairan lebih cepat. Targetkan satu liter air untuk setiap empat jam terbang.

Supaya tidak bosan minum air putih dan mencoba menahan godaan anggur traveler bisa membawa daun mint atau beri untuk diceplupkan ke dalam segelas air.

2. Bawalah pelembab

Percayalah, udara di pesawat bisa membuat kulit kering. Maka jagalah kelembapan kulitmu dengan membawa pelembab wajah. Siapkan saja dalam wadah kecil hingga tidak memakan tempat di dalam tas jinjing kamu.

Anda juga perlu mengemas pelembab tangan dan lip balm untuk melawan kekeringan. Hindari juga memakai make up karena sangat penting untuk membiarkan kulit bernapas. Jika harus memakai riasan, usahakan untuk menggunakan riasan ringan, seperti krim BB atau pelembab berwarna.

3. Sesuaikan zona waktu

Kamu mungkin akan melintasi beberapa zona waktu saat melakukan penerbangan jarak jauh dan inilah yang menyebabkan jetlag. Sesuaikan dengan waktu lokal di tempat tujuan setelah Anda naik pesawat. Ubah waktu di ponsel dan sesuaikan tubuhmu sesuai waktu itu.

Jika mendarat di tempat tujuan di pagi hari, tidurlah sebanyak mungkin selama penerbangan, sehingga kamu siap untuk berlari saat mendarat, dan kamu akan dapat bertahan hingga malam. Jika mendarat pada malam hari, hindari terlalu banyak tidur di pesawat.

4. Kenakan pakaian yang nyaman

Selalu gunakan pakaian yang nyaman untuk penerbangan. Hindari jeans, cukup gunakan legging atau celana longgar dengan pinggang elastis. Selain itu, selalu bawa pakaian hangat untuk perjalanan pesawat, meskipun akan berlibur di pantai.

AC di pesawat bisa menjadi sangat dingin, dan selimut tipis yang mereka berikan terkadang tidak cukup untuk membuat tetap hangat.

5. Lengkapi perlengkapan bersih-bersih

Kemas pasta gigi, sikat gigi, tisu wajah, dan deodoran berukuran kecil di tas jinjing Anda agar Anda bisa menyegarkan diri selama penerbangan. Simpan semua barang ini di sekitar area tempat duduk selama penerbangan, jadi tidak perlu terus membuka penyimpanan di atas kepala untuk barang yang dibutuhkan.

6. Persiapkan diri untuk tidur

Sangat penting untuk tidur di pesawat bila menghadapi penerbangan jarak jauh.

Tips yang bagus adalah tiba di bandara dalam keadaan lelah, hingga kamu lebih mudah tertidur selama penerbangan dan tidak akan gelisah. Mungkin bisa membawa bantal leher. Persiapkan juga masker mata dan penyumbat telinga ya, kadang maskapai tidak memberikan ini.

7. Bawa cemilan sendiri

Jika kamu sedang diet, bawalah cemilan sendiri dari rumah. Atau kamu juga bisa memastikan terlebih dahulu apakah makanan diet bisa dipesan di penerbangan, Makan dengan sehat di dalam pesawat akan sangat membantu meminimalkan grogi dan jet lag.

8. Pilihlah bangku pesawat

Kamu bisa duduk di dekat jendela, duduk di lorong, atau kamu bebas bangku mana saja. Apa pun yang cocok untuk Anda, kamu bisa pilih tempat duduk pilihan secara online, atau datanglah ke bandara lebih awal dan pilih tempat duduk di meja check-in.

Mereka yang duduk di kursi dekat jendela umumnya cenderung tidak mengalami gangguan seperti orang melewati mereka atau gerobak makan menabrak mereka, yang berarti mereka sering mendapatkan tidur yang lebih nyenyak daripada mereka yang duduk di kursi lorong.

9. Lakukanlah kegiatan pengisi waktu luang

Bawalah sesuatu untuk membuat kamu sibuk saat tidak bisa tidur, misalnya membawa buku, buku audio yang diunduh, podcast, atau pilihan musik, walau sebenarnya ada sistem hiburan di pesawat.

Banyak juga orang menggunakan waktu penerbangan mereka untuk menyelesaikan pekerjaan, sehingga mereka tidak merasa membuang-buang waktu atau gelisah.



Simak Video "Kapan Sebaiknya Motor Ganti Oli?"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA