detiktravel

12 Destinasi Wisata Pesisir, Sisi Lain Keindahan Jakarta Utara

Desi Puspasari - d'Traveler - Kamis, 10/05/2012 09:17:00 WIB
detikTravel Community -  

Kalau mendengar Jakarta Utara, yang terbayang hanya panas, tronton, dan debu. Namun, dibalik kesibukannya, kotamadya ini memiliki 12 destinasi wisata pesisir bisa menjadi destinasi akhir pekan Anda.

Memiliki posisi paling ujung DKI Jakarta, Jakarta Utara menjadi kotamadya yang memiliki panorama laut dan pantai. Siapa sangka daerah yang terkenal sangat panas dan sibuk itu ternyata memiliki destinasi wisata yang sangat menarik. Inilah 12 destinasi wisata pesisir, sisi lain keindahan Jakarta Utara yang detikTravel intip dari situs resmi Wisata Pesisir, Kamis(10/5/2012):

1. Taman Suaka Margasatwa Muara Angke

Seperti oase di tengah gurun, Hutan Muara Angke menjadi satu-satunya lokasi di Jakarta yang memiliki hutan. Padahal, kalau Anda perhatikan kawasan ini dihimpit oleh kawasan perumahan mewah Pantai Indah Kapuk. Hijaunya alam yang jarang wisatawan temui di Jakarta ada di sini.

Berjalan di atas board walk atau seperti jembatan dari kayu sepanjang 843 meter yang mengitari taman suaka ini. Dari ketinggian sekitar 20 meter di atas permukaan tanah, hamparan hutan bakau menjadi pemandangan yang sangat menyejukan. Apalagi di salah satu spotnya, masih terdapat monyet-monyet liar yang asyik bergerombol dan bermain-main di atas pohon.

Di sepanjang jalan taman ini, wisatawan lebih sring mendengar kicauan burung karena di sini memiliki 74 jenis burung. Selain itu, di kawasan ini juga ada biawak, ular sanca, ular cobra, dan kera ekor panjang. Nah, setelah lelah jalan-jalan mengelilingi hutan, traveler akan diajak mengarungi Sungai Muara Angke sekaligus menuju Pulau Burung yang berada tidak jauh dari Hutan Angke.

2. Sentra Perikanan Muara Angke

Jalan-jalan sekaligus belanja ikan atau hasil lautnya, pastinya sangat menyenangkan untuk wisatawan yang menggemari seafood. Sentra Perikanan, Muara Angke bisa jadi lokasi yang sangat menarik. Di sini wisatawan bisa berburu ikan-ikan laut dengan harga yang cukup murah. Apalagi, kalau kita jago dalam tawar-menawar bisa jadi mendapatkan lebih murah lagi.

3. Kawasan Sunda Kelapa

Sunda Kelapa atau Pelabuhan Sunda Kelapa ini berada tidak jauh dari kawasan wisata Kota Tua. Ya, karena lokasi pelabuhan tua ini bebatasan dengan wilayah Jakarta Barat. Surganya fotografer, pemandangan kapal-kapal laut yang berjejer di pinggir dermaga menjadi pemandangan khas yang cantik. Coba saja, kalau mau mengobrol dengan awak kapal Anda pasti diperbolehkan mengambil foto dari atas kapal. Walaupun panas, kalau memiliki jiwa petualang pasti tidak masalah.

4. Kampung Luar Batang


Perkampungan tua ini berada di belakang Gedung Museum Bahari, Penjaringan, Jakarta Utara ini menjadi pemukiman paling tua di Jakarta. Masjid Luar Batang yang berada di lokasi ini sudah menjadi tempat yang sangat umum untuk para peziarah. Ya, karena di masjid inilah terdapat makam Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus yang merupakan tokoh agama yang namanya sangat dikenal. Tidak heran bila hari Jumat tiba, banyak sekali peziarah yang berasal dari seluruh Indonesia datang ke Masjid Luar Batang.

5. Sentra Belanja Mangga Dua


Pusat perbelanjaan retail dan grosir justru sudah dikenal hingga mancanegara. Awalnya, pusat perbelanjaan ini bernama Pasar Pagi Mangga Dua yang sudah terkenal sejak tahun 1741. Di pusat perbelanjaan ini wisatawan bisa berburu baju, tas, sepatu, atau elektronik. Kalau untuk urusan fashion wisatawan bisa menemukan barang-barang mulai dari yang asli branded sampai dengan yang KW. Untuk urusan harga, di sini kita bisa melakukan penawaran untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan kantong Anda.

6. Taman Impian Jaya Ancol

Semua pelancong domestik pasti sudah tahu dengan keberadaan taman hiburan ini. Mulai dari arena bermain yang seru di Dunia Fantasi, pertunjukan hewan-hewan laut yang lucu-lucu, sampai wisata pantai menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke sini. Walaupun, biaya masuk ke arena permainannya cukup mahal, destinasi yang satu ini tetap memiliki tempat di hati traveler. Tidak jarang juga rombongan wisatawan yang berasal dari luar Jakarta memilih kawasan wisata di Jakarta Utara ini sebagai destinasi utama.

7. Bahtera Jaya Ancol

Berbeda dengan Taman Impian Jaya Ancol, Bahtera Jaya Ancol merupakan pusat pembinaan olahraga air yang diharapkan bisa berkembang hingga ke taraf Internasional. Selain itu, lokasi yang juga dikenal dengan nama Gelanggang Olahraga Bahtera Jaya Ancol ini juga menjadi tempat rekreasi pantai untuk umum yang murah. Sejak tahun 2009, lokasi ini juga menjadi lokasi sebagai sarana festival pesisir.

8. Stasiun Tanjung Priok


Stasiun Tanjung Priok merupakan stasiun tertua yang berada di seberang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Bangunan yang memiliki bentuk bangunan bercorak art deco ini pun menjadi salah satu cagar budaya DKI Jakarta. Pernah menjadi stasiun termegah di Asia Tenggara pada masanya, stasiun ini memiliki sejarah dalam roda perekonomian Batavia.

Selain sejarahnya, konon di dalam bangunan tua ini terdapat terowongan rahasia yang pada zamannya dijadikan sebagai tempat perlindungan pada masa penjajahan Belanda. Sejarahnya meneceritakan bahwa terowongan ini terus berlanjut sampai Pelabuhan Sunda Kelapa dan Istana Negara. Namun, kini keberadaan terowongan tersebut masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

9. Jakarta Islamic Centre


Berbeda dengan lokasi lainnya, Jakarta Islamic Centre di bangun sebagai tempat pengkajian dan pengembangan Islam di Jakarta. Kawasan yang berada di Jl Kramat Jaya, Tugu Utara, Koja ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas ang sangat memadai. Uniknya, destinasi wisata religi ini justru menempati lahan bekas kawasan pelacuran terbesar di Jakarta, yaitu Lokalisasi Kramat Tunggak. Wow, kini wisatawan justru bisa mendapatkan segala informasi tentang sejarah perkembangan Islam di Jakarta dari tempat ini.

10. Kampung Tugu


Pada masanya, kampung yang berada di Kecamatan Koja, Jakarta Utara ini diperuntukan bagi bekas Mardijkers atau tentara Portugis yang sudah dibebaskan dari tawanan perang. kampung Tugu dapat dikatakan sebagai Kampung Kristen tertua yang ada di Indonesia barat. Di lokasi ini wisatawan bisa melihat perjalanan kisah para Mardijkers yang harus berpindah agama dari katolik menjadi protestan. Selain itu, kita juga bisa melihat langsung keberadaan Gereja Tugu yang sudah ada sejak zaman Belanda.

11. Kampung Marunda


Hampir sama seperti pelelangan ikan, di kampung yang juga disebut dengan Kampung Nelayan, Cilincing ini dijamin dapat menciptakan suasana damai dan tenang. Di lokasi ini wisatawan bisa melihat pemandangan yang cukup berbeda. Selain jejeran perahu nelayan di tempat ini juga terlihat tambak ikan yang membentang dengan luas sekitar 15 hektar. Wisatawan juga bisa melihat kinerja nelayan saat menambak ikan dan berwisata kuliner dengan aneka macam makanan yang berbahan dasar dari ikan segar.

12. Sentra Belanja Kelapa Gading

Selain Ancol, kawasan belanja Kelapa Gading juga sudah sangat terkenal. Di sini wisatawan bisa memuaskan diri dengan berbagai destinasi wisata belanja. Karena memang kawasan Kelapa Gading dipenuhi dengan jajaran toko-toko dan mall-mall besar yang sangat terkenal dan banyak mengundang para penggila belanja.

Nah, tidak semua lokasi di Jakarta Utara panas dan kotor. Masih ada tempat-tempat seru yang bisa kita jadikan sebagai destinasi wisata saat akhir pekan bersama keluarga atau teman.

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com